starbanjar.com
Mengapa Ukuran Ponsel Jadi Semakin Besar?
7 Cara Cerdas Menggunakan Smartphone Lama Anda, Tak Perlu Dibuang! (Freepik)

7 Ide Kreatif Memanfaatkan Ponsel Lama Anda

Redaksi Daerah
23.4.2024

JAKARTA - Jangan biarkan ponsel atau smartphone lama Anda berdebu atau teronggok di tempat sampah. Hal itu karena bahan-bahan pembuat ponsel bisa merusak lingkungan terutama di sekitar tempat pembuangan sampah.

Oleh karena itu, daripada membuang perangkat atau membiarkannya berdebu di laci, Anda bisa memanfaatkannya kembali. Bahkan, jika ponsel lama tersebut masih bisa terhubung ke Wi-Fi, dapat dijadikan alat yang berguna untuk rumah tangga Anda.

Tips Memanfaatkan Ponsel Lama Anda

1. Dijadikan Kamera Keamanan DIY

Jika Anda memiliki ponsel lama yang tidak digunakan lagi, ubahlah ponsel tersebut menjadi kamera keamanan rumah. Unduh aplikasi kamera keamanan seperti Alfred Camera di perangkat lama dan baru Anda, kemudian instal di ponsel lama. Anda tinggal memastikan perangkat tersebut memiliki akses ke daya.

2. Berikan ke Anak-anak

Jika Anda masih belum siap membelikan ponsel baru khusus untuk anak Anda, gunakan kembali perangkat lama Anda untuk mereka. Anda bahkan tidak perlu konektivitas seluler agar kamera ponsel tetap berfungsi.

Setelah ponsel aman, sambungkan ke Wi-Fi, lalu anak Anda bisa mengirim foto, mencari informasi di internet, mengunduh aplikasi, melakukan panggilan melalui Wi-Fi, dan bermain game.

3. Perangkat Obrolan Video

Jika Anda banyak berkomunikasi melalui Zoom atau platform obrolan video lainnya, ponsel lama Anda bisa digunakan sebagai antarmuka khusus untuk obrolan video selama Anda memiliki jangkauan Wi-Fi yang layak.

Selain itu, dengan menggunakan ponsel lama Anda, anak-anak tidak lagi perlu meminjam ponsel Anda untuk menelepon teman-temannya dan Anda dapat melakukan nobar film secara virtual tanpa mengorbankan ponsel utama Anda yang akan tetap bisa digunakan untuk panggilan masuk atau notifikasi yang lain.

4. Wireless Webcam

Jika Anda tidak memiliki webcam untuk komputer atau laptop Anda sedang rusak, Anda bisa memanfaatkan smartphone Anda. Aplikasi gratis seperti DroidCam dan EpocCam memudahkan Anda mengubah ponsel menjadi webcam yang dapat digunakan bersama dengan komputer Anda. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh aplikasinya di ponsel dan komputer, lalu hubungkan keduanya.

5. Jam Alarm yang Murah

Anda bisa menggunakan layar besar dari smartphone lama Anda menjadi jam alarm. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah menyetel alarm di aplikasi Clock di iPhone atau perangkat Android Anda atau mengunduh aplikasi jam alarm melalui Wi-Fi.

Kemudian, letakkan ponsel Anda pada dudukannya, lalu sambungkan ke listrik. Setelah itu, ponsel Anda bisa digunakan sebagai jam alarm.

6. Ebook Reader Alternatif

Jika Anda menyukai buku dan komik tapi tidak ingin membeli ebook reader seperti Kindle, Onyx Boox atau Kobo, Anda bisa menggunakan smartphone lama Anda. Unduh aplikasi Amazon Kindle atau aplikasi ebook reader lain pilihan Anda. Setelah itu, sinkronkan pembelian Anda, e-book gratis, dan judul buku yang telah Anda pinjam dari perpustakaan di ponsel lama Anda.

7. Remote TV Cadangan

Perangkat media streaming biasanya telah dilengkapi dengan remote kendali jarak jauh, tapi pada umumnya berukuran kecil dan mudah hilang. Jika Anda memiliki Apple TV, Chromecast, Fire TV stick atau Roku, bisa jadi Anda salah meletakkan remotenya. Daripada membeli remote baru, Anda bisa memanfaatkan ponsel lama Anda menjadi remote.

Itu tadi beberapa cara memanfaatkan ponsel lama Anda sehingga Anda tidak perlu langsung membuangnya yang pada akhirnya akan mencemari lingkungan di sekitar Anda. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 23 Apr 2024