Pilkada Tetap Dilaksanakan di Tengah Pandemi Covid-19, Mappilu Ingatkan Pekerja Media Jalankan Prokes

Banjar UPDATE 14 Sep 2020, By Tim Starbanjar
Pilkada Tetap Dilaksanakan di Tengah Pandemi Covid-19, Mappilu Ingatkan Pekerja Media Jalankan Prokes (Ketua PWI pusat Atal S Depari saat mengisi seminar yang digelar PWI Kalsel. Credit Photo : Tim Star Banjar)

STARBANJAR - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan menggelar seminar dengan tajuk ‘Peran Pers Mengawal Pemilu yang Bermartabat’ di gedung PWI Kalsel, Senin (14/9/2020).

Pembicara yang mengisi seminar ini diantaranya Ketua Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) PWI Pusat, Suprapto Sastro Atmojo, ketua PWI Pusat Atal S Depari, dan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Kegiatan ini dihadiri puluhan wartawan lintas media, baik media cetak, elektronik, maupun televisi.

Suprapto Sastro Atmojo mengingatkan bahwa pers sebagai cerobong informasi ke publik, terutama mengenai Pilkada, memiliki peran vital untuk memelihara demokrasi di tanah air.

Pelaksanaan Pilkada di tengah Pandemi Covid-19, Suprapto berpesan kepada segenap wartawan di Bumi Lambung Mangkurat untuk memperhatikan serta mengutamakan protokol kesehatan sewaktu meliput agenda Pilkada.

"Narasumber yang diduga atau berpotensi atau kemungkinan terkena Covid-19, ya sebaiknya jangan ketemu langsung. Bisa wawancara lewat WA atau lewat telepon atau lewat saluran-saluran lain. Untuk apa? untuk menghindari kemungkinan kita terpapar,” katanya.

Dia menyebut pihak Pilkada perlu diawasi agar berjalan secara demokratis dan bermartabat, sehingga pemimpin yang terpilih nanti mendapatkan legitimasi di mata rakyat.

Oleh karena itu, Wasekjen PWI Pusat ini mengatakan, Mappilu nantinya juga akan melaksanakan pelatihan atau pendidikan untuk wartawan tentang tata cara pelaksanaan peliputan Pilkada pada era pandemi Covid-19.

“Dalam kondisi ini, kalau tidak memungkinkan melakukan kegiatan yang sifatnya tatap muka secara langsung, kita akan melakukan kegiatan itu secara virtual. Yaitu melalui internet atau bisa dengan aplikasi lain,” ucapnya.

Sementara itu Gubernur Sahbirin Noor menyampaikan bahwa, Mappilu Kalsel nantinya dapat mengawal jalannya pemilu sebagai mana demokrasi yang telah disepakati bersama.

“Pemilu sarana bagi rakyat menjalankan kedaulatannya dan kita berharap pemilu bermartabat, untuk itu perlu kontrol salah satunya dari pers,” ucap Paman Birin sapaan akrabnya.

Senada ketua PWI Pusat Atal S Depari menuturkan pers sebagai salah satu unsur penting dalam demokrasi termasuk semasa Pilkada serentak ini.

Oleh karenya, Atal mengingatkan Pers harus menyuguhkan informasi kepada masyarakat yang seimbang diantara para pasangan calon.

“Namun, kembali lagi bahwa fungsi pers adalah sebagai kontrol yang memiliki ketajaman berita yang dapat dipertanggung jawabkan berdasar kroscek sebuah informasi,” tutup dia.

undefined

Redaksi Starbanjar