BI Catat Pelaku Usaha di Kalsel Makin Berminat Pakai QRIS

07 Mei, 2021 20:17 WIB

Penulis:Redaksi Starbanjar

Ilustrasi-Pembayaran-Gopay.jpg
Warga tengah melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan aplikasi Gopay yang terintegrasi QRIS. Source: Panji Asmoro/Trenasia undefined

STARBANJAR- Digitalisasi pembayaran lewat pola Quick Respons Indonesian Standard (QRIS) makin diminati pelaku usaha di Kalimantan Selatan.

Terbukti, pelaku usaha yang sudah memakai QRIS dalam hal pembayaran sudah mencapai 76.345 merchant. Hal itu diungkap oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan, Rahmat Dwiputra, baru-baru ini.

Menurut Rahmat, puluhan ribu merchant yang sudah menggunakan QRIS ini tersebar di 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

"Dibandingkan tahun lalu, tercatat ada 71.774 merchant pengguna QRIS. Jadi naiknya sebanyak 6,4 persen," tutur Rahmat.

Pihak BI Kalsel mengapresiasi capaian ini lantaran sejalan dengan semangat Presiden RI Joko Widodo untuk mengurangi penyebaran Covid-19 lewat transaksi tunai.

Analis BI Kalsel, Rika, bilang bahwa pihaknya menarget ada penambahan sekitar 12 ribu merchant yang menggunakan QRIS pada tahun ini. Dia pun menaruh harapan QRIS dapat memudahkan transaksi dan meningkatkan perekonomian warga di Indonesia.