Capres Potensial PDI-Perjuangan, Dari Tri Rismaharini Hingga Mardani H Maming

15 Oktober, 2021 21:46 WIB

Penulis:Redaksi Starbanjar

Mardani H Maming

undefined

STARBANJAR - DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membocorkan sejumlah kader potensial yang layak diusung di pemilihan presiden 2024 mendatang.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan kader yang layak untuk presiden selanjutnya diantaranya Prananda Prabowo, Puan Maharani, Olly Dondokambey, Ganjar Pranowo, Wayan Koster, Tri Rismaharini, Djarot Saiful Hidayat, Abdullah Azwar Anas, Mardani, Sultan Riska. Mereka lahir dari mekanisme kaderisasi Partai. 

"PDI Perjuangan terus melakukan konsolidasi dan kaderisasi Partai. Itu semua perlu kerja sistemik melalui bangunan organisasi kepartaian. Jadi terkait dengan capres dan cawapres, Partai memiliki banyak kader yang mumpuni yang telah dipersiapkan Partai," kata Hasto dalam keterangan tertulis, Jumat (15/10/2021). 

Kendati demikian, Hasto menyebut keputusan terhadap siapa capres dan cawapres dari partai berlambang banteng moncong putih itu mutlak berada di tangan Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Pengumuman akan dilakukan pada momentum yang tepat. Semua memerlukan pertimbangan yang matang, bukan asal deklarasi. Itulah tata cara melahirkan pemimpin, perlu pertimbangan matang dan jernih,” jelas Hasto.

Dia mengakui saat ini ada sekelompok kepentingan yang tidak mau bekerja keras melakukan kaderisasi secara sistemik lalu mengambil jalan pintas dengan mencalonkan tertentu dengan berbagai subyektivitas kepentingan. 

“Partai terus mencermati dinamika politik yang berkembang. Seluruh kader dan anggota Partai terus memegang disiplin dan lebih memilih membantu rakyat di dalam seluruh program recovery atas dampak pandemi,” imbuh Hasto. 

Berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada 15-21 September 2021 menempatkan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo  elektabilitas kedua tertinggi sebar 19,0% hanya terpaut 1,7 persen dari ketua umum Gerindra Prabowo Subianto.