Denmark dan Italia Lolos Perempat Final Piala Eropa

27 Juni, 2021 07:06 WIB

Penulis:Redaksi Starbanjar

Timnas Italia.jpeg
Pemain Italia merayakan kemenangan dalam babak 16 besar Piala Eropa. undefined

STARBANJAR - Denmark dan Italia sama-sama menyegel satu tempat di babak 8 besar Piala Eropa, Sabtu (26/6/2021) dan Minggu (27/6/2021) dini hari WITA.

Denmark dan Italia lolos ke perempat final Euro 2020 setelah mengalahkan lawan masing-masing di babak 16 besar.  Tim Dinamit Denmark berhasil menyudahi perlawanan Wales dengan skor telak 4-0.

Bertanding di di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam Kasper Dolberg, menjadi bintang kemenangan Denmark setelah dirinya mencetak brace atau dua gol pada menit ke-27 dan ke-48. Adapun dua gol tambahan untuk Denmark dicetak oleh Joakim Maehle (88') dan penyerang Barcelona Martin Braithwaite (90+4').

Sedangkan Italia menyingkirkan Austria dengan skor 2-1 Stadion Wembley, London.  Gol-gol yang membawa Italia menang dan lolos ke perempat final Euro 2020 dicetak oleh Federico Chiesa (95') dan Matteo Pessina (105'). Sementara itu, satu gol Austria yang memperkecil ketinggalan tercipta melalui aksi Sasa Kalajdzic (114').

Panen Rekor

Keberhasilan Denmark dan Italia lolos ke babak 8 besar diwarnai sejumlah rekor. Denmark mengukir rekor dengan menjadi tim pertama dalam sejarah Kejuaraan Eropa yang mampu mencetak empat gol pada dua laga beruntun di Euro.

Tim Dinamit itu juga mencetak empat gol saat menang 4-1 atas Rusia pada laga terakhir Grup B. Selain rekor tersebut, Denmark juga berhasil mencapai perempat final turnamen besar (Euro atau Piala Dunia) untuk kali pertamanya sejak Euro 2004.

Pada Euro 2004, Denmark terhenti di perempat final dan gagal melaju ke semifinal setelah kalah 0-3 dari Ceko. Rekor mentereng juga ditorehkan Italia.

Gli Azzurri, julukan timnas Italia, telah mencatatkan 12 kemenangan beruntun yang mereka ukir sejak tahun lalu. Jumlah kemenangan itu menjadi rekor baru bagi Italia di bawah asuhan Roberto Mancini.

Mereka melewati rekor 11 kemenangan beruntun yang terukir pada 2019.  Denmark dan Italia akan melanjutkan perjuangan di perempat final Euro 2020. Di perempat final, Denmark akan bersua pemenang duel Belanda vs Republik Ceko. 

Sementara itu, Italia bakal menghadapi pemenang laga antara dua tim kuat, Belgia dan Portugal.