Hari Pertama PTM Banjarmasin: Pakai Sistem Shift, Belajar di Kelas Maksimal Dua Jam

12 Juli, 2021 12:27 WIB

Penulis:Redaksi Starbanjar

WhatsApp Image 2021-07-12 at 11.39.40.jpeg
Suasana sekolah saat PTM di Kota Banjarmasin. undefined

STARBANJAR- Pembelajaran tatap muka (PTM) tingkat PAUD, SD, hingga SMP, memasuki hari perdana, pada Senin (12/7/2021) .

Dalam pelaksanaannya, sejumlah satuan pendidikan di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin tampak mengetatkan protokol kesehatan. Mulai dari menerapkan jadwal shift hingga membentuk satgas Covid-19 di sekolah. Salah satunya, PTM dilaksanakan di SMPN 2 Banjarmasin,  Banjarmasin Tengah.

Pada hari pertama belajar tatap muka, pihak sekolah hanya memberikan materi pengenalan lingkungan untuk kelas 7A sampai 7H. Pemberian materi dibagi 2 shift.

"Mulai dari pukul 07.30 - 09.30 Wita untuk kelas 7 nomor absen ganjil dan pukul 10.00 sampai 11.30 wita untuk kelas 7 nomor absen genap," bebernya.

Adapun untuk kelas 8 pada hari Rabu dan Kamis. Sementara, untuk kelas 9, bakal menjalani kelas pada hari Jum'at dan Sabtu.  Artinya, masing-masing kelas dibagi dua hari. 

Kepala Sekolah SMPN 2 Banjarmasin, Satoli, saat ditemui bahkan mengatakan ada sebanyak dua orang siswa diminta pulang kerumah karena tempat tinggalnya berada di zona oranye penyebaran Covid-19  

"Sesuai edaran, siswa dari kelurahan yang oranye disuruh dirumah saja tidak perlu ke sekolah cukup belajar di rumah," ucapnya.

Di sisi lain, Satoli mengaku masih ada sebagian orang tua murid yang merasa takut dengan pelaksanaan PTM dan memberikan pelajaran untuk anak didik dirumah. "Daring tetap kita lakukan juga, masih ada orang tua yang ragu. Wajarlah,"terangnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto menjelaskan, pada hari pertama masuk pembelajaran tatap muka, ada tujuh kelurahan yang ditunda untuk melaksanakan PTM karena berada di zona oranye.

Siswa yang berada di zona oranye tidak boleh mengikuti PTM akan tetapi tetap belajar melalui daring. Sebagai antisipasi dan pengendalian covid-19.

Untuk diketahui, kasus aktif penyebaran covid-19 di Kota Banjarmasin per 11 juli 202, tercatat sebanyak 253 orang. Smentara yang terpapar sudah sebanyak 9647 orang. sedangkan yang sembuh 9175 dan meninggal dunia 219 orang.