Paman Birin Resmikan Wisata Desa Lesehan dan Kolam Pancing Putra Bulu

25 Juni, 2023 10:46 WIB

Penulis:Ahmad Husaini

IMG-20230624-WA0019-1024x684.jpg

STARBANJAR – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menghadiri peresmian Wisata Desa Lesehan dan Kolam Pancing Putra Bulu, pada Sabtu (24/6/2023) pagi.

Bertempat di Desa Awang Bangkal Barat, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Gubernur Kalsel yang biasa disapa Paman Birin ini, menyampaikan bahwa pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan terus mendorong lahirnya sektor-sektor baru dalam meningkatkan perekonomian daerah, khususnya wisata.

“Meskipun Kalsel saat ini masih bergantung pada batubara, kita sadar betul bahwa pariwisata adalah salah satu upaya dalam meningkatkan perekonomian yang harus kita lakukan sekarang,” kata Paman Birin dalam keterangan resminya.

Menurutnya, dalam dua periode menjabat sebagai Gubernur Kalsel, sektor pariwisata terus digelorakan kepada masyarakat, agar ke depan beralih dan tidak lagi bergantung lagi pada batubara.

“Sebab kita tahu batubara ini cuma sekali ambil, sedangkan hadirnya wisata-wisata ini tidak akan pernah habis dan masyarakat bisa mengeksplor lagi mau mengembangkan wisata apa. Salah satu contohnya adalah Desa Wisata Lesehan dan Kolam Pancing Bulu ini,” ujar dia.

Menurut ketua DPD Partai Golkar Kalsel ini, terobosan yang dilakukan Pemerintah Desa Awang Bangkal Barat tersebut, patut menjadi contoh bagi desa lain untuk meningkatkan perekonomian desanya. Sehingga ke depan, majunya suatu desa tidak hanya bergantung pada pendanaan dari pemerintah, tetapi bisa mandiri.

“Untuk itu, dengan hadirnya wisata ini kita harapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di Desa Awang Bangkal Barat,” harapnya.

Kepala Desa Awang Bangkal Barat Pajrul Ripani mengatakan luas pengembangan Wisata Desa Lesehan dan Kolam Pancing Putra Bulu sekitar 4 hektar yang pembiayaannya dari dana desa.

“Untuk itu, ulun berharap, kepada semua, khususnya pemerintah provinsi untuk ikut serta mempromosikan tempat wisata ini,” imbuhnya.