Presiden dan Hewan Kesayangan Mereka: dari Bobby Kertanegara hingga Lainnya

22 Oktober, 2024 10:10 WIB

Penulis:Redaksi Daerah

Editor:Redaksi Daerah

5 Hewan Peliharaan Presiden di Dunia,  Tidak Hanya Bobby Kertanegara
5 Hewan Peliharaan Presiden di Dunia, Tidak Hanya Bobby Kertanegara (Instagram @bobbykertanegara)

JAKARTA – Pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI ternyata juga membuat masyarakat ikut menyorot hewan kesayangannya yang bernama Bobby Kertanegara. Diketahui kucing tersebut juga dibawa oleh Prabowo ke Istana Kepresidenan. Bobby terlihat menjadi penghuni hunian orang nomor satu di Indonesia sejak kemarin.

Kehadiran Bobby Kertanegara di Istana Negara usai acara pelantikan presiden menarik perhatian publik. Kucing peliharaan Prabowo berjenis short hair ini bahkan diajak berfoto secara bergantian oleh para tamu undangan yang hadir.

Seperti Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Bakrie, dia bahkan mengunggah foto bersama Bobby di akun Instagramnya.

Bobby Kertanegara adalah kucing yang sudah bersama Prabowo sejak tahun 2016. Kucing tersebut diadopsi Prabowo setelah ditemukan di jalan. Prabowo kemudian membawanya pulang dan merawatnya dengan baik hingga kini.

Selain sering mendampingi Prabowo dalam beberapa pertemuan, Bobby Kertanegara juga menjadi sumber semangat bagi Prabowo ketika merasa lelah dengan pekerjaannya.

Bobby bahkan memiliki kamar khusus di Istana. Hal ini terlihat ketika Prabowo berbincang dengan kucing tersebut di tengah kesibukannya pada hari pertama menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia

“Bobby mau lihat kamar Bobby?” ucap Prabowo dengan kucing yang berada di atas stroller pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Terkait dengan hewan peliharaan Prabowo, kira-kira pemimpin di berbagai dunia memiliki hewan peliharaan apa saja? Yuk, simak artikel berikut!

Berbagai Hewan Peliharaan Pemimpin Negara di Dunia

1. Kambing dan Katak Milik Joko Widodo

Mantan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki hiburan sendiri setiap akhir pekan di Istana Bogor, yaitu memberikan makanan sejumlah hewan peliharaannya. Jokowi memiliki hewan peliharaan yang cukup unik, seperti katak, merpati, perkutut, kura-kura, biawak, dan burung parkit.

Pada tahun 2017, Jokowi mengunggah video di YouTube yang menunjukkan kambing-kambing yang ada di Istana Bogor. Dalam video tersebut, Jokowi menyoroti dua kambing yang baru lahir.

2. Anjing Kesayangan Vladimir Putin

Konni atau Conni adalah anjing betina berjenis Labrador Retriever yang berwarna hitam. Pada Desember 2000, Konni diberikan kepada Putin sebagai hadiah dari Sergey Shoygu, yang saat itu menjabat sebagai Menteri Situasi Darurat Rusia.

Sejak saat itu, Konni sering terlihat mendampingi Putin di berbagai acara dan kadang-kadang diizinkan hadir dalam pertemuan saat Putin menyambut para pemimpin dunia yang berkunjung ke Rusia.

Sementara, Buffy adalah anjing jantan berjenis Karakachan berwarna putih yang berasal dari Bulgaria. Anjing ini diberikan oleh Perdana Menteri Bulgaria, Boyko Borisov, pada bulan November 2010 saat Putin melakukan kunjungan ke Bulgaria.

Yume adalah anjing betina berjenis Akita yang berasal dari Jepang. Yume diberikan sebagai hadiah oleh pemerintah Prefektur Akita, kampung halaman Yume, kepada Putin sebagai ungkapan terima kasih atas bantuan pemerintah Rusia ketika Jepang mengalami bencana gempa bumi dan Tsunami Tohoku pada tahun 2011.

Adapun, Verni adalah anjing jenis Alabai diberikan sebagai hadiah oleh Presiden Turkmenistan, Gurbanguly Berdimuhamedov, untuk merayakan ulang tahun Putin pada 11 Oktober yang lalu.

3. Harimau Milik Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah

Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, memiliki koleksi satwa liar seperti harimau Benggala, elang, flamingo, dan kakatua, yang ditempatkan di kebun binatang pribadinya. Sultan sering mengajak tamu negara berkunjung ke kebun binatang tersebut, di mana mereka akan disuguhi pertunjukan dari berbagai satwa.

Hewan-hewan ini dilatih oleh pelatih dari Thailand. Dalam wawancara dengan Bangkok Post pada tahun 2018, pelatih tersebut sering mendapat pujian dari Sultan. Tak heran, ia juga diberikan fasilitas mewah layaknya pejabat Brunei.

4. Nemo, Anjing Milik Emmanuel Macron

Anjing hitam pertama Macron adalah jenis campuran Labrador-Griffon yang memiliki tubuh yang ramping dan tegap. Anjing yang dijuluki sebagai first dog (karena menjadi peliharaan orang nomor satu di Prancis) ini diberi nama Nemo. Dilansir dari NY Daily News, memiliki anjing peliharaan menjadi salah satu tradisi bagi Presiden Prancis.

Nama Nemo dipilih sebagai penghormatan kepada sosok komandan angkatan laut dalam novel Twenty Thousand Leagues Under the Sea. Macron diketahui sangat menyukai karya-karya klasik Jules Verne.

Setelah diadopsi pada hari Minggu dari penampungan hewan SPA di Hermeray, di luar Paris, dengan biaya sekitar US$300, Nemo menjadi bagian dari kehidupan seorang pejabat. Dia juga turut mendampingi Macron dalam berbagai acara resmi kenegaraan.

5. Commander dan Willow Milik Joe Biden

Dikutip dari NPR, Ibu Negara Jill Biden menjadi sosok di balik adopsi kucing berbulu pendek abu-abu tersebut. Keputusan ini diambil setelah Willow mengganggu pidato Jill saat berada di sebuah peternakan di Pennsylvania selama kampanye Presiden Biden pada tahun 2020.

“Willow sangat mengesankan Dr. Biden pada 2020 ketika dia melompat ke atas panggung dan menyela ucapannya selama kampanye dihentikan. Melihat ikatan langsung mereka, pemilik peternakan tahu bahwa Willow milik Dr. Biden,” kata Michael LaRosa, juru bicara ibu negara.

Kucing ini diberi nama Willow, diambil dari nama kampung halaman ibu negara Willow Grove, Pennsylvania. Willow menjadi kucing pertama yang tinggal di Gedung Putih sejak masa Presiden George W. Bush dan kucing hitam milik ibu negara Laura Bush, yang bernama India.

Diketahui, Presiden Amerika Serikat Joe Biden, juga memelihara seekor anjing German Shepherd bernama Commander. Willow, kucing peliharaannya, sering menjadi subjek berbagai cerita lucu, salah satunya ketika ia tidur di atas kepala Presiden Biden pada malam hari.

Itu dia beberapa hewan peliharaan presiden di dunia.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 21 Oct 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 22 Okt 2024