Sasar Ribuan Siswa SD, HiLo School Helat Kompetisi Sains

25 November, 2021 12:42 WIB

Penulis:Redaksi Starbanjar

kompetisi sains HiLo School.jpg
Tangkapan layar webinar HiLo School

STARBANJAR - Nutrifood Research Center menggandeng PesonaEdu, penerbit Yrama Widya, Wimcycle, Sains Rumahan, dan Wastehub menghelat kompetisi HiLo School Health and Green Science Competition.

Kompetisi ini menargetkan peserta sebanyak 20.000 siswa-siswi kelas 3 hingga 6 tingkat sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) sederajat di seluruh Indonesia.

Pendaftaran HiLo School Health and Green Science Competition dibuka sejak 23 November 2021 hingga 25 Februari 2022. 

Sementara itu, babak kompetisi ini berlangsung pada 15 Maret hingga 17 April 2022 yang terdiri atas tiga babak, yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final, dengan total hadiah senilai lebih dari Rp 75.000.000.

Lisa Ariyanti Brand Associate HiLo mengatakan sebagai susu tinggi kalsium dengan Omega 3 yang lebih rendah lemak, HiLo School selalu berinovasi menghadirkan produk berkualitas tinggi serta berbagai program yang menarik dan bermanfaat untuk siswa-siswi usia sekolah dasar di Indonesia.

"Kami berkomitmen untuk mendukung tumbuh kembang mereka secara optimal dan membantu mereka mencapai prestasi. Dengan hadirnya HiLo School Health and Green Science Competition, kami berharap dapat meningkatkan kecintaan siswa-siswi usia sekolah dasar akan bidang sains, khususnya tentang topik kesehatan dan lingkungan sedini mungkin,” ujar Lisa Aryanti dalam keterangannya, Kamis (25/11/2021).

Dengan mempelajari sains,kata dia siswa-siswi usia sekolah dasar dapat mempelajari kehidupan dan menjelaskan hal-hal yang terjadi di sekeliling mereka. 

"Oleh karenanya, sains sangat identik dengan proses belajar yang eksploratif dan eksperimen serta membantu meningkatkan rasa ingin tahu pada anak-anak," ujar Lisa.

Dia menyampaikan hasil studi dari Perspective on Psychological Science yang melibatkan 50.000 siswa, rasa ingin tahu yang tinggi terbukti mempengaruhi performa akademik karena akan mendorong anak-anak untuk menggali informasi lebih sehingga pengetahuannya akan bertambah.

Ade Supriyatna, Koordinator Manajemen Talenta Nasional Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemdikbud-Ristek RI Puspresnas mengatakan pihaknya mendukung terselenggaranya program HiLo School Health and Green Science Competition, karena program ini sejalan dengan misi pemerintah dalam meningkatkan semangat belajar serta berprestasi siswa-siswi usia sekolah dasar.

"Ini sebagai modal mereka untuk menambah wawasan, mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Kami percaya bahwa anak-anak Indonesia perlu dilibatkan dengan program-program yang bermanfaat seperti HiLo School Health & Green Science Competition," kata Ade Supriyatna.

"Untuk membantu mereka mempersiapkan diri sebagai calon pemimpin bangsa dalam menyambut Indonesia Emas 2045. Mimpi masa depan Indonesia sebagai bangsa yang maju, dengan kemampuan penyelesaian masalah yang baik serta mampu bersaing dengan bangsa lain di tingkat global perlu mulai dipersiapkan sejak usia sedini mungkin," sambungnya.

Ira Anindita, CEO PT PesonaEdu mengatakan bersyukur dapat dipercaya oleh HiLo School sebagai official platform program HiLo School Health and Green Science Competition. 

"PesonaEdu berdedikasi untuk terus mengembangkan konten dan aplikasi pendidikan berkualitas tinggi yang dapat untuk meningkatkan mutu pembelajaran Indonesia dan bahkan dunia, termasuk untuk mendukung siswa-siswi usia sekolah dasar semakin mencintai bidang sains melalui HiLo School Health and Green Science Competition," ujar Ira.

“Salah satu hal yang menarik, PesonaEdu A-Class sebagai official-platform kompetisi ini, mampu menghadirkan berbagai variasi soal berbasis computer-based-test, yang tidak terbatas pada tipe Pilihan Ganda saja, melainkan ada tipe soal Multi Response, Mencocokkan, Drag & Drop Text/Image, Esai, dan bahkan bentuk soal Video Response, sehingga soal-soal yang disajikan lebih kreatif dan  mendorong daya berpikir anak," imbuh Ira.