Siapkan Rp 2,1 Triliun Jelang Lebaran, BI Kalsel Tetap Dorong Transaksi Non Tunai

24 April, 2021 19:41 WIB

Penulis:Redaksi Starbanjar

images (3).jpeg
Layanan QRIS di salah satu warung. BI Kalsel berharap fasilitas ini mengantisipasi kontak fisik yang berpotensi menularkan virus. Source: Istimewa undefined

STARBANJAR- Jelang momen Lebaran Idulfitri 1442 Hijriah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalsel telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 2,1 triliun.

Kepala Kantor Perwakilan BI Kalsel, Amanlison Sembiring, bilang uang triliunan tersebut disiapkan demi kebutuhan warga dalam bertransaksi.

Dengan mempertimbangkan kondisi Covid-19 terkini serta aspek kesehatan masyarakat, layanan penukaran uang Rupiah pada periode Ramadan/Idul Fitri 1442H dilakukan melalui kerja sama dengan Perbankan.

“Kegiatan tersebut tersebar di 165 titik penukaran yang tersebar di seluruh wilayah kerja KPwBI Provinsi Kalimantan Selatan,” lanjut Amanlison.

Melalui bersinergi bersama perbankan, KPwBI Provinsi Kalimantan Selatan berupaya memberikan layanan yang prima untuk memfasilitasi penukaran uang Rupiah di masyarakat dalam jumlah dan pecahan yang cukup serta layak edar khususnya selama periode Ramadan/Idul Fitri 1442H.

Masyarakat dapat memperoleh layanan penukaran tersebut mulai tanggal 12 April hingga 11 Mei 2021.

Kendati demikian, Amanlison juga tetap mendorong warga agar terus menggunakan layanan non tunai yang belakangan digaungkan BI.  Ambil contoh, uang elektronik dan fasilitas QR Code Indonesian Standard (QRIS).

"Uang elektronik dan QRIS dapat meminimalisasi kontak fisik dalam bertransaksi," kata Amanlison.