Yamin-Ananda Tawarkan Revitalisasi Wisata Susur Sungai

13 Oktober, 2024 21:10 WIB

Penulis:Redaksi Starbanjar

0ec0df17-34df-4259-9337-c30e173e774c.jpeg

STARBANJAR  - Pasangan calon walikota dan wakil wali kota Banjarmasin nomor urut 2, H Muhammad Yamin HR-Hj Ananda bersama relawan mengunjungi lokasi wisata susur sungai di Siring Menara Pandang pada Sabtu (12/10/2024) sore.

Kegiatan itu diwarnai dengan suasana kompak dan penuh kekeluargaan di sepanjang perjalanan.

Yamin-Ananda menyusuri sungai dengan menaiki kelotok, sebuah perahu tradisional khas Kalimantan. Mereka melewati berbagai titik seperti jembatan Basirih dan Banjar Raya.

Selama perjalanan, Yamin-Ananda menyapa warga yang berada di pinggiran sungai, melambaikan tangan, dan memperkenalkan diri secara langsung.

Tak hanya itu, mereka juga membagikan pin, poster serta keperluan rumah tangga seperti pasta gigi dan sabun kepada masyarakat sekitar.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar lebih dekat dengan masyarakat sekaligus merasakan langsung pengalaman wisata ikonik di Banjarmasin, yaitu wisata susur sungai.

Dalam kesempatan ini, Yamin menyoroti pentingnya meningkatkan potensi pariwisata kota. terutama di sektor susur sungai yang memiliki potensi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Yamin menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualitas wisata susur sungai jika terpilih sebagai wali kota Banjarmasin.

Ketua DPC Gerindra kota Banjarmasin ini menjelaskan bahwa masih banyak hal yang perlu diperbaiki, seperti kebersihan sungai dan penanganan sampah yang terlihat selama perjalanan.

“Kita tadi telah melaksanakan susur sungai dan kita melihat bahwa perlunya sentuhan tangan pemimpin yang akan datang agar sungai ini terlihat bersih dan nyaman dilihat oleh tamu atau turis,” ucap Yamin, didampingi Ananda.

Selain itu, Yamin juga menyoroti kurangnya perawatan di beberapa titik wisata. Salah satunya kondisi di shelter air Cemara Ujung, tempat mereka singgah untuk melaksanakan salat Magrib.

“Saat turun di shelter tersebut tampak seperti tidak terurus dan banyak sampah,” kata Yamin.

“Pencahayaan di sepanjang jalur sungai, terutama pada malam hari, perlu ditingkatkan agar lebih indah dan menarik bagi wisatawan,” sambungnya.

Rencana ke depan, Yamin berkomitmen untuk merevitalisasi sungai sebagai bagian dari program Banjarmasin Revamp.

Tujuannya untuk meningkatkan potensi wisata dan memperkuat citra Banjarmasin sebagai kota seribu sungai.

“Insya Allah, jika kami terpilih memimpin Banjarmasin, potensi wisata susur sungai akan kami tingkatkan lagi,” tutupnya.

Kegiatan ini sekaligus memperkuat visi pasangan calon nomor urut 02 Yamin-Ananda untuk membawa Banjarmasin menjadi lebih baik dan bersih, serta menarik bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.