10 Ribu Warga Kalsel Disiapkan untuk Tes Massal Corona

Banjar UPDATE 27 Jul 2020, By TIm Starbanjar
10 Ribu Warga Kalsel Disiapkan untuk Tes Massal Corona (Source: Tim Starbanjar)

STARBANJAR- Sebanyak 10 ribu warga Kalimantan Selatan dalam waktu dekat akan menjalani test swab untuk kepentingan deteksi penularan Virus Corona (Covid-19). Diperkirakan, pelaksanaan tes massal ini bakal berlangsung pada pertengahan Agustus 2020 mendatang.

Rencana besar tes massal disampaikan oleh Wakil Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, Roy Rizali Anwar, pada Senin (27/7/2020) tadi. Kata Roy, pemprov menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam pemeriksaan tersebut.

“Target kita mencari sebanyak-banyaknya orang yang terpapar Covid-19. Jangan ada satupun yang terlewat kasus positif. Kalau dari 10.000 orang itu, hasilnya ternyata 8.000 orang dinyatakan terpapar, ya tidak masalah. Jangan lihat kuantitasnya, tapi liat kualitasnya,” terang Roy.

Dalam agenda tes swab massal tersebut, Roy berkata pihak pemprov menyasar sejumlah kelompok masyarakat maupun institusi yang memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif, maupun orang yang masih dalam status suspek. Pendataan akan dibantu dengan 13 kabupaten/kota di Kalsel.

Pihak pemprov masih belum membeberkan di mana lokasi persis tes massal bakal digelar. Kendati begitu, Roy berkata rumah sakit menjadi wadah yang paling memungkinkan dan steril.

Adapun pemeriksaan ini akan dilaksanakan minimal tiga hari. Sebab, alat polymerase chain reaction (PCR) yang dimiliki pemprov relatif terbatas.

"Ya, minimal 3 hari karena menyesuaikan kapasitas alat PCR kita. Hasil swab keluar 3 hari setelah pengambilan sampel,” tuturnya.

Ihwal pembagaian kuota tes swab di masing-masing daerah, akan disusun dengan menilai jumlah penduduk. Termasuk juga, dengan melihat temuan angka kasus terkonfirmasi Covid-19 yang saat ini tercatat di data Gugus Tugas.

“Dari 10.000 orang yang akan menjalani tes swab, akan kita bagi kuotanya di masing-masing daerah. Saat ini sedang kita rumuskan bagaimana pembagiannya," ujarnya.

undefined

Redaksi Starbanjar