starbanjar.com
sumpah pemuda
sumpah pemuda

14 Komunitas di Pangkalan Bun, Isi Peringatan Sumpah Pemuda Dengan Donor Darah Hingga Bersihkan Istana Kuning

Redaksi Starbanjar
30.10.2020

STARBANJAR – Momen peringatan Sumpah Pemuda, 14 komunitas yang tergabung dalam Bold Riders, SuperSoccer, SuperAdventure, dan SuperMusic serta dua karang taruna Heppiii Community menggelar rangkaian kegiatan berupa kegiatan donor darah dan upacara bendera pada 16 hingga 28 Oktober 2020.

Koordinator Acara Afik Sudarsono mengatakan kegiatan donor darah yang berlangsung di Kantor PMI Pangkalan Bun diikuti 65 peserta. Sebanyak 55 kantong darah berhasil terkumpul dari kegiatan tersebut.

“Ada 18 peserta dari karang taruna yang harus menempuh jarak 50 kilometer demi bisa mendonorkan darah mereka. Sebagai anak-anak muda, semangat mereka luar biasa,” kata Afik, Jum’at (30/10/2020).

Rangkaian kegiatan juga diwarnai dengan pengibaran bendera merah putih dan ikrar Sumpah Pemuda di Halaman Kesultanan Istana Kuning pada 25 Oktober 2020. Kegiatan ini diikuti perwakilan dari dengan tetap menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

“Puncak kegiatan diawali dengan rolling city sejauh 5 kilometer. Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan dengan bersih-bersih lingkungan istana. Kegiatan ini dilakukan dengan semangat mengajak generasi muda, khususnya teman-teman komunitas untuk peduli terhadap kekayaan budaya yang ada di Pangkalan Bun,” jelas Afik.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak. 

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna.

Komunitas yang terlibat program donor darah "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar.