starbanjar.com
IMG-20221030-WA0025.jpg
(Istimewa)

2023 Banjarmasin Tuan Rumah IFBC Expo

Redaksi Starbanjar
30.10.2022

Starbanjar - Tahun depan Kota Banjarmasin mendapat kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Info Franchise & Business Concept (IFBC) Expo yang digagas Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) rencananya dijadwalkan di akhir tahun 2023 nanti.

Selain Kota Banjarmasin, terdapat lima kota lainnya yang akan menjadi lokasi penyelenggaraan kegiatan tersebut, antara lain Jakarta, Bandung, Palembang, Surabaya dan Jakarta II.

Kabar gembira tersebut, diterima Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor saat pembukaan opening ceremony IFBC Expo 2022 Roadshow Jakarta di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Hall 3, Tangerang Selatan.

“Mudah-mudahan Banjarmasin dapat menyelenggarakan nanti, insyaallah tahun 2023 kita akan menjadi tuan rumah, kita sebagai tempat penyelenggaraan IFBC,” ujar H Arifin Noor, usai acara tersebut, Jumat (28/10).

Ia berharap dengan dijadikannya kota berjuluk seribu sungai sebagai wadah kegiatan tersebut, para pelaku usaha khusus para UMKM yang ada di Kota Banjarmasin bisa mendapatkan informasi dan motivasi terkait usaha yang mereka jalankan.

Ada yang menarik dalam kegiatan yang juga dihadiri Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin tersebut, yaitu keberadaan Master of Ceremony (MC) dalam kegiatan tersebut. Tak hanya berwajah cantik, saat itu iya terlihat menggunakan syal motif sasirangan Banjar.

Tentunya, hal ini sangat membanggakan. Betapa tidak, sebab dengan digunakan motif sasirangan dalam acara berskala nasional, artinya keberadaan kain sasirangan telah dikenal di berbagai daerah di Indonesia.

Pameran IFBC 2022 berlangsung selama tiga hari dari tanggal  28 Oktober hingga 30 Oktober dengan menghadirkan sekira 167 merek waralaba dan peluang usaha. Dan pameran ini dibuka untuk umum, serta kegiatan IFBC kali ini disponsori oleh PT Pegadaian (Persero). Selain itu, berbagai macam bisnis franchise dan peluang usaha.

Kemudian, pameran ini menawarkan investasi mulai dari empat juta hingga ratusan juta rupiah. Selama pameran berlangsung pengunjung dapat kelas gratis seputar talkshow wirausaha, Foodpreneur Talkshow, Celebpreneurs Talkshow, tips F&B Bisnis, workshop bisnis barang import, workshop digital marketing hingga pembekalan purnabakti di panggung acara.

Tak hanya itu, terdapat konsultasi bisnis gratis yang difasilitasi oleh Klinik Bisnis Kementerian Perdagangan RI, Asosiasi Franchise Indonesia dan berbagai Konsultan Bisnis. “Mudah-mudahan nantinya UMKM kita jadi lebih baik lagi dengan memulai konsep dan pembelajaran yang dilakukan oleh kawan kawan dari agen agen IFBC,” pungkas H Arifin Noor