starbanjar.com
Bagaimana Mengatur Keuangan Keluarga dengan Tepat
5 Strategi Mengelola Uang yang Tepat untuk Generasi Muda (Freepik.com/pressfoto)

5 Cara Bijak Mengelola Uang Cocok untuk Generasi Muda

Redaksi Daerah
24.4.2024

JAKARTA - Menata keuangan adalah langkah krusial dalam menjaga stabilitas finansial. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, Anda dapat mengontrol pengeluaran dan menetapkan target keuangan dengan lebih jelas. 

Upaya ini juga memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi area pengeluaran mana yang bisa dipersempit untuk mencapai tujuan keuangan Anda. Demi pentingnya hal tersebut, mari kita tinjau beberapa tips praktis untuk mengelola uang agar Anda dapat menghindari pemborosan dan mencapai tujuan keuangan dengan lebih cepat.

Cara Mengelola Uang untuk Anak Muda

1. Membuat Rencana Anggaran

Mungkin terdengar rumit, terutama bagi yang sedang dalam situasi tanpa penghasilan. Namun, membuat anggaran keuangan secara rutin akan memudahkan Anda mengendalikan keuangan. Identifikasi pengeluaran harian dan bulanan Anda, lalu cari area atau pos pengeluaran mana yang bisa ditekan pengeluarannya.

2. Sesuaikan Pengeluaran dengan Pendapatan

Penting untuk menyesuaikan pengeluaran Anda dengan pendapatan yang Anda hasilkan. Evaluasi keterampilan, produktivitas, dan kontribusi Anda dalam pekerjaan untuk menentukan pendapatan yang seharusnya Anda terima. Selain itu, hindari pengeluaran melebihi pendapatan Anda.

3. Rencanakan Tabungan

Disiplinlah menyisihkan minimal 5% dari pendapatan Anda untuk tabungan sebelum membayar tagihan lainnya. Lebih baik lagi jika Anda mengatur tabungan secara otomatis dan menyimpannya di akun terpisah.

4. Kurangi Biaya Utilitas

Anda bisa menghemat uang dengan mengurangi konsumsi dan memilih lampu LED untuk mengurangi tagihan listrik.

5. Hidup Hemat

Gaya hidup hemat yang telah Anda terapkan sejak kuliah dapat membantu menjaga stabilitas keuangan Anda. Konsistenlah dalam menerapkan gaya hidup ini untuk memperoleh manfaat jangka panjang bagi keuangan Anda.

Itu tadi beberapa cara mudah mengatur keuangan yang cocok bagi anak muda. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 24 Apr 2024