starbanjar.com
Ilustrasi soda
5 Hal Mengejutkan yang Dapat Menyakiti Ginjal Anda (Freepik)

5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menurunkan Kinerja Ginjal Anda

Redaksi Daerah
15.12.2023

JAKARTA - Ginjal adalah salah satu organ vital bagi makhluk hidup, terutama manusia. Hal ini erat kaitannya dengan fungsi ginjal yaitu menyaring darah.

Namun, karena kebiasaan sehari-hari ginjal bisa mengalami gangguan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa hal berikut yang dapat merusak ginjal Anda.

Kebiasaan Merusak Ginjal

Inilah berbagai kebiasaan yang dapat mempercepat kerusakan ginjal, seperti yang dilansir dari WebMD.

1. Konsumsi Terlalu Banyak Protein

Protein memang sangat penting untuk diet sehat. Akan tetapi, jika ginjal tidak dapat berfungsi normal, makan protein terlalu banyak dapat membebani kerja ginjal.

Oleh karena itu, mungkin Anda perlu makan berbagai jenis protein dalam porsi kecil saja. Anda juga bisa memperoleh protein dari telur, ikan, kacang-kacangan, dan sebagainya.

2. Konsumsi Terlalu Banyak Garam

Pada beberapa orang, terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah dan mempercepat kerusakan ginjal. Hal ini juga dapat menyebabkan batu ginjal yang menyebabkan mual, nyeri hebat, dan kesulitan buang air kecil.

3. Merokok

Merokok tidak hanya dapat memperburuk tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2 (dua penyebab utama penyakit ginjal), tapi juga dapat mengganggu obat-obatan yang digunakan untuk mengobatinya.

Selain itu, merokok juga berdampak pada melambatnya aliran darah ke ginjal sehingga menimbulkan masalah ginjal pada orang yang sudah menderita penyakit ginjal.

4. Minum Minuman Beralkohol

Peminum alkohol berat dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis. Konsumsi lebih dari empat atau lima minuman dalam waktu kurang dari 2 jam memang jarang menyebabkan cedera ginjal akut. Namun, jika hal tersebut terjadi, seseorang biasanya tidak memerlukan cuci darah.

5. Minum Soda

Jika Anda minum dua atau lebih dari diet soda sehari, Anda lebih berisiko terkena penyakit ginjal. Dalam sebuah penelitian, wanita peminum diet soda memiliki ginjal yang bekerja 30% lebih buruk setelah 20 tahun dibandingkan dengan wanita lain. Minuman yang dimaniskan dengan gula termasuk jus dan soda juga dikaitkan dengan insiden penyakit ginjal yang lebih tinggi. 

Itu tadi beberapa hal yang dapat menyakiti ginjal Anda. Apakah Anda masih melakukannya?

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Justina Nur Landhiani pada 15 Des 2023