starbanjar.com
8b08dfd1-ecdc-4084-ac7d-4cc111646277.jpg

504 Sarjana UT Banjarmasin, Gelar Seminar dan Kerjasama 4 Instansi Dorong Isu Pendidikan

M Rahim Arza
24.2.2024

Universitas Terbuka (UT) menggelar seminar akademik dalam tajuk "Kualitas sumber daya manusia (SDM) sebagai pilar utama pembangunan Kalimantan Selatan di masa depan" bersama sejumlah wisudawan di Calamus Ballroom, Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

Sekaligus, kegiatan ini juga berkaitan dengan penandatanganan kerja sama dan gladi resik acara wisuda tahap 1 UT di tahun 2024 ini. Dan sebanyak 504 sarjana dari berbagai fakultas yang mengikuti proses wisuda tersebut.

Di depan wisudawan UT, Widyaswara Ahli Utama BPSDMD Provinsi Kalimantan Selatan, Harry Sipriadi memberikan materi tentang Strategi Pengembangan SDM Aparatur untuk Percepatan Pembangunan & Pelayanan Publik Prima di Kalimantan Selatan.

Ditengah sesi acara itu Universitas Terbuka (UT) Banjarmasin melakukan penandatanganan kerja sama dengan empat instansi, yakni Arutmin Tambang Kintap, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), SMAN 1 Angsana, dan Universitas PGRI Kalimantan.

Momentum itu, UT Banjarmasin juga memberikan penghargaan kepada dua instansi, yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batola dan PT Arutmin Indonesia Tambang Satui.

Direktur Utama Universitas Terbuka Banjarmasin, Mochamad Priono menjelaskan terkait kerjasama dengan PT Arutmin dalam rangka mendorong pengabdian masyarakat. Dengan UT, dia menyebut perusahaan tambang itu membantu pemberdayaan di masyarakat melalui komunitas-komunitas di sekitar.

"Semoga, kita bisa membantu komunitas-komunutas masyarakat di area tambang," ucap Priono kepada starbanjar seusai acara, Sabtu (24/2/2024) siang.

UT Banjarmasin jalin kerjasama dengan 4 instansi.

Kemudian, kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten HSS tentang pemberian beasiswa kepada:

Guru Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD) sebanyak 44 orang hingga lulus. 

Priono bersyukur, Pemerintah Daerah Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) turut membantu masyarakat yang tergolong rendah dalam mengenyam pendidikan.

"Sehingga, Pemkab HSS melalui Disdikbud memberikan beasiswa kepada masyarakatnya. Khususnya untuk guru PAUD itu," ujarnya.

Sementara dengan SMAN 1 Angsana bekerja sama tentang Sarana-prasarana Ujian Online Ruang Komputer, dan Universitas PGRI Kalimantan tentang kerja sama Tridarma Perguruan Tinggi.

"Bekerjasama dengan SMAN 1 Angsana terkait tutorial maupun ujian online. Karena cukup jauh ya, kita punya perangkat komputer untuk digunakan bagi mahasiswa," jelas dia.

Adapun dengan Universitas PGRI Kalimantan, Priono mengatakan soal aspek pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kolaborasi ini, dia berharap agar masyarakat merasakan manfaat dalam halnya pendidikan itu. "Tentu, mendorong perekonomian masyarakat lewat pengabdian itu," ujarnya.

Senada dengan Wakil Rektor bidang Keuangan, Sumber Daya dan Umum UT, Prof Ali Muktiyanto menuturkan terkait kerjasama ini berhubungan dengan semangat UT ingin hadir ke seluruh kalangan, baik intansi maupun komunitas. Tentu, menurutnya agar memberikan pelayanan terbaik untuk semua.

"Pastinya, pendidikan terbaik bagi semua. Bagi siapa pun untuk anak bangsa ini, terlebih yang memiliki keterbatasan dalam menikmati pendidikan perguruan tinggi," ucap Muktiyanto.

Muktiyanto menyampaikan, sejumlah anak yang ingin mengenyam pendidikan di UT, maka pihaknya akan hadir untuk memberikan fasilitas pendidikan tersebut. Dalam kerjasama itu, dia menjelaskan antara UT dan PT Arutmin berkolaborasi dalam mendorong isu pendidikan.

"Tak hanya pemerintah, kita juga bekerjasama dengan instansi swasta seperti Arutmin. Dalam isu sentral yaitu pertambangan, mereka memiliki komitmen untuk reklamasi," tandasnya.