starbanjar.com
Natural parenting
Simak 7 Manfaat Natural Parenting, Bantu Ajak Anak Lebih Dekat dengan Alam (Freepik)

7 Manfaat Natural Parenting untuk Mengajak Anak Lebih Dekat dengan Alam

Redaksi Daerah
25.4.2024

JAKARTA - Natural parenting atau yang juga disebut dengan eco parenting dan nature parenting adalah pendekatan dalam parenting yang menekankan pentingnya mengintegrasikan alam ke dalam kehidupan anak-anak.

Inilah penjelasan bagaimana tipe parenting ini mempengaruhi perkembangan, kesehatan, dan kesejahteraan anak. 

Manfaat Natural Parenting

1. Membangun Koneksi Kuat dengan Lingkungan  

Natural parent atau orang tua natural cenderung mendorong untuk menghabiskan waktu di lingkungan alami bersama anak-anak mereka. 

Dengan menjelajahi alam bersama-sama, orangtua dan anak-anak dapat membentuk ikatan yang kuat dengan lingkungan. 

2. Mendorong Kesehatan Fisik dan Kesejahteraan  

Terlibat dalam kegiatan luar ruangan dan bersentuhan dengan alam bisa membantu mengimprove kesehatan fisik dan kesejahteraan seseorang. 

Pola parenting ini bisa berdampak positif karena membantu mengatasi gaya hidup yang kurang aktif dan mengurangi risiko obesitas pada anak-anak. 

Selain itu, paparan sinar matahari alami membantu dengan Vitamin D yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

3. Meningkatkan Perkembangan Kognitif  

Alam menyediakan lingkungan yang merangsang untuk perkembangan kognitif anak-anak. Ketika menjelajahi lingkungan alami, anak-anak akan menggunakan panca indera mereka, untuk mengamati pola, dan terhubung dengan dunia. 

Pengalaman belajar langsung ini mempromosikan keterampilan pemecahan masalah, berpikir kritis, dan kreativitas. 

Studi telah menunjukkan bahwa paparan alam juga dapat meningkatkan daya tahan konsentrasi dan mengurangi gejala gangguan hiperaktivitas perhatian (ADHD) pada anak-anak.

4. Membangun Ketangguhan Emosional  

Natural parenting bisa membantu anak-anak mengembangkan ketangguhan emosional. Ketenangan lingkungan alami dapat mengurangi stres, kecemasan, dan perasaan depresi. 

Dengan memberi kesempatan anak untuk berinteraksi dengan alam, orangtua dapat memberikan ruang aman untuk memproses emosi, membangun ketangguhan, dan mengembangkan mekanisme pemecahan masalah.

5. Mendorong Interaksi Sosial dan Empati  

Anak-anak sering berkolaborasi, berkomunikasi, dan terlibat dalam permainan imajinatif saat melakukan kegiatan di luar ruangan. 

Pengalaman-pengalaman ini membantu anak-anak mengembangkan keterampilan sosial yang penting seperti kerja tim, negosiasi, dan penyelesaian konflik.

Selain itu, menghabiskan waktu di alam dapat memupuk empati saat anak-anak belajar menghargai dan menghormati makhluk hidup dan ekosistem di sekitar mereka.

6. Membangun Kesadaran Lingkungan  

Natural parenting berperan penting dalam menumbuhkan kesadaran lingkungan pada anak-anak. 

Orangtua dapat menginspirasi rasa tanggung jawab dan menanamkan kebiasaan ramah lingkungan dengan mengajarkan mereka tentang pentingnya konservasi, keberlanjutan, dan dampak tindakan manusia terhadap planet ini. 

Anak-anak yang dibesarkan dengan kesadaran lingkungan lebih mungkin menjadi orang dewasa yang peduli lingkungan yang secara aktif berkontribusi untuk melestarikan bumi. 

7. Menciptakan Masa Depan yang Berkelanjutan  

Dengan memeluk gaya hidup yang memprioritaskan alam, orangtua dapat mengajarkan anak-anak mereka untuk mengurangi sampah, menghemat sumber daya, dan membuat keputusan yang ramah lingkungan dan berkontribusi untuk masa depan berkelanjutan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Rumpi Rahayu pada 20 Apr 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 25 Apr 2024