starbanjar.com
IMG-20240507-WA0008.jpg
Wakil ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Kalimantan Selatan Afrizaldi (Foto : Dokumentasi pribadi)

Afrizaldi Bantah PAN Berikan Rekomendasi untuk Habib Banua Maju Pilwali Banjarmasin

Redaksi Starbanjar
07.5.2024

STARBANJAR - Wakil Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Kalimantan Selatan Afrizaldi menyanggah partainya telah memberikan rekomendasi untuk Pangeran Syarif Abdurrahman Bahasyim atau Habib Banua maju di Pemilihan Walikota Banjarmasin.

"Klaim (Habib Banua) mendapatkan SK atau rekomendasi dari DPP PAN, kami tidak mengetahui terkait kebenaran berita tersebut, karena setahu kami komunikasi antara daerah dengan DPP tidak pernah mengeluarkan SK atau rekomendasi (Pilwali) kepada siapapun," ucap Afrizaldi saat dihubungi, Selasa 7 Mei 2024.

Dia menyebut PAN memiliki mekanisme tersendiri untuk dalam mengusung kandidat untuk maju di Pilkada.

"Dalam AD/ART PAN ada sistem (mekanisme) berjenjang, artinya setiap orang yang ingin mendapatkan surat rekomendasi ataupun SK dari PAN tentu ada jenjang yang harus dilewati," ucap anggota DPRD Kota Banjarmasin ini.

Afrizaldi menegaskan tidak ujug-ujug kandidat langsung mendapatkan SK rekomendasi dari DPP tanpa harus melewati mekanisme penjaringan di tingkat daerah.

PAN sendiri, katanya bakal menjaring nama-nama baik kader internal maupun eksternal yang akan diajukan ke DPP untuk diseleksi maju di Pilwali Banjarmasin.

Ia memastikan DPP PAN akan mempertimbangkan masukan dari daerah, mengenai figur yang akan diusung, mengingat daerah yang paling faham lapangan dan peta persaingan elektoral.

Afrizaldi menyebut PAN tidak kekurangan kader internal punya modal elektoral mumpuni yang bisa bersaing di Pilwali Banjarmasin.

"Kami utamakan kader terbaik kami seperti Pak Harry Wijaya yang saat ini menjabat ketua DPRD Banjarmasin, ataupun Faisal Hariyadi yang sekian periode selalu menjadi peraih suara terbanyak di Pileg kota Banjarmasin," tegasnya.

"Mereka adalah kader-kader potensial dan teruji yang sudah melewati masa ujian, dan mengerti wilayah kota Banjarmasin," imbuh Afrizaldi.