starbanjar.com
Waspada! Ini 5 Dampak Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh Anda
Waspada! Ini 5 Dampak Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh Anda (Freepik.com)

Alasan Kurang Tidur Bisa Merusak Kesehatan Tubuh Anda

Redaksi Daerah
24.4.2024

JAKARTA - Tidur merupakan upaya untuk memberi tubuh istirahat setelah beraktivitas seharian. Waktu tidur sendiri bervariasi untuk setiap individu. 

Orang dewasa pada umumnya membutuhkan 7-9 jam tidur per malam, sementara anak-anak memerlukan 10-11 jam. Namun, berbagai faktor seperti pekerjaan bisa mengganggu waktu tidur ideal. 

Begadang untuk menyelesaikan tugas atau terlalu sering bermain gadget dapat berdampak buruk pada tubuh dan kesehatan.

Dampak Kurang Tidur Bagi Kesehatan Tubuh

1. Sulit Konsentrasi

Salah satu dampak negatif dari kurang tidur adalah sulit berkonsentrasi. Tidur memiliki fungsi yang penting dalam proses belajar dan berpikir. 

Jika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup dan teratur maka bisa mengakibatkan kemampuan kognitif kamu akan terganggu. Hal tersebut akan berdampak kepada tingkat kewaspadaan, perhatian, penalaran dan pemecahan masalah.

2. Mudah Lupa

Tak hanya membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi, dampak lain yang muncul dari kurang tidur adalah membuat Anda jadi mudah lupa. Seperti yang dilansir dari laman resmi Kemenkes, kurang tidur bahkan dapat menyebabkan penuaan atau membuat Anda jadi pelupa. 

Kurang tidur dapat mengganggu kemampuan otak Anda untuk memproses dan menyimpan ingatan atau hal-hal yang dipelajari dan dialami sepanjang hari. Selain itu, Anda juga menjadi sulit mencerna dan memproses berbagai informasi selama beberapa hari ke depan.

3. Berat Badan Meningkat

Dampak dari kurang tidur yang harus Anda waspadai adalah meningkatnya berat badan. Hal tersebut terjadi karena adanya perubahan durasi tidur dan metabolisme tubuh. 

Bagi orang dewasa, tidur sekitar 4 jam sehari dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan, terutama pada makanan tinggi karbohidrat dan tinggi kalori. Hal tersebut juga bisa terjadi pada anak-anak dan remaja. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa seseorang yang tidur kurang dari 6 jam sehari lebih berisiko mengalami obesitas dibandingkan mereka yang tidur selama 7-9 jam semalam.

4. Mudah Sakit

Tidur yang cukup memberikan kesempatan bagi sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi optimal dengan memproduksi sitokin, yaitu senyawa yang membantu melawan bakteri dan virus dalam tubuh. 

Senyawa sitokin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit secara lebih efektif. Efek kurang tidur dapat membuat sistem kekebalan tubuh Anda bekerja secara tidak optimal untuk melawan virus dan bakteri. Akibatnya Anda jadi lebih rentan terhadap penyakit. Jika hal tersebut dibiarkan, bahaya kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti diabetes dan penyakit jantung. 

5. Mudah Stres

Dampak negatif lainnya jika Anda kurang tidur adalah mood sepanjang hari Anda ikut terpengaruh. apabila kurang tidur juga bisa mempengaruhi mood kamu sepanjang hari. Anda dapat mengalami perubahan suasana hati. 

Keadaan yang lebih emosional ini dapat berdampak besar, apalagi jika Anda harus membuat keputusan atau pekerjaan penting. Jika hal tersebut dibiarkan maka bisa timbul masalah seperti perilaku impulsif, kecemasan, depresi, dan paranoid. 

Itu tadi beberapa dampak buruk dari kurang tidur untuk kesehatan tubuh Anda. Hati-hati!

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 24 Apr 2024