starbanjar.com
Screenshot_20210806-112513_GBWhatsApp_2.jpg
Bekantan yang dievakuasi tim Animal Rescue Banjarmasin

Animal Rescue Banjarmasin Evakuasi Bekantan Tersesat, Ditemukan Menggelantung di Masjid

Redaksi Starbanjar
06.8.2021

STARBANJAR- Tim Animal Rescue Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin menyelamatkan seekor Bekantan (Nasalis Larvatus) yang tersesat di pemukiman warga, Rabu (4/8/2021).

Hewan endemik Kalimantan itu ditemukan warga bergelantungan di dalam sebuah masjid di kawasan Desa Sungai Bakung, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

Hanafi anggota Animal Rescue BPBD Banjarmasin menceritakan saat menindaklanjuti laporan warga bekantan ini masuk ke dalam masjid dan menggantung di lampu hias.  Pihaknya Bersama tim kesehatan hewan DKP3 langsung berangkat ke lokasi untuk evakuasi.

"Saat evakuasi tim sempat menembakan peluru bius dan jala agar si monyet berhidung panjang ini tidak terluka,"ungkapnya Jumat (6/8/2021) saat dihubungi.

Dalam proses evakuasi pihanyak mengaku sangat mudah karena sudah dilengkapi peralatan lengkap dan sesuai prosedur penyelamatan hewan. "Karena itu kami yang dihubungi dan diminta membackup evakuasi Bekantan disana (Kabupaten Banjar)," jelasnya. 

Saat ini satwa tersebut telah diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel setelah sebelumnya sempat berada di markas BPBD Banjarmasin, untuk dilakukan pemeriksaan kesehatannya.