starbanjar.com
Api Porprov Kalsel.jpg

Api Obor Porprov XI Sambangi Batola

Ahmad Husaini
01.11.2022

STARBANJAR - Rombongan Kirab Api Obor Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Kalimantan Selatan (Kalsel) tiba di Barito Kuala (Batola), Selasa (01/11/2022) sore. 

Kehadiran api obor diterima Kadisporbudpar Batola Sabirin dan Ketua KONI Dahlan beserta jajaran di Taman Jembatan Rumpiang.

Prosesi penyambutan diawali penyerahan dari Tim Kirab Porprov Kalsel XI Kalsel berjumlah tiga orang yang membawa api obor, bendera merah putih, dan pataka KONI. 

Kirab Api Obor Porprov XI Kalsel ini rencananya berlangsung selama tiga hari. Secara resmi api obor dimulai dari Tabalong, tempat pelaksanaan Porprov sebelumnya, guna diarak ke-13 kabupaten/kota se-Kalsel .

Api obor diambil dari lokasi depan Kantor Pertamina Tanjung, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong. Tim kirab dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) selaku tuan rumah Porprov XI Kalsel datang langsung menyambut obor yang dinyalakan kemudian diserahkan ke Bupati Tabalong untuk selanjutnya diserahkan ke Wabup Hulu Sungai Selatan, Syamsuri Arsyad, dan kemudian diserahkan ke perwakilan atlet Tabalong guna dipasang di mobil Tim Kirab HSS untuk dibawa secara estafet ke Kabupaten Balangan, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Tapin, hingga Batola.

Usai dari Batola, Api Obor Porprov XI Kalsel diserahkan ke Banjarmasin yang disambut setelah Jembatan Alalak I Kecamatan Alalak. Dari Banjarmasin, api abadi kembali dibawa ke Kota Banjarbaru dan diistirahatkan satu malam.

Pagi harinya api obor kembali dikirab ke Kabupaten Banjar, lanjut ke Tanah Laut, menyeberang ke Kotabaru, dan menyeberang ke Tanah Bumbu serta menginap satu malam.

Pagi harinya api obor baru di bawa ke Kabupaten Hulu Sungai Selatan selaku tuan rumah pelaksanaan Porprov XI Kalsel tahun 2022.

“Kita dukung pelaksanaan Porprov XI Kalsel di Kandangan ini. Semoga berjalan lancar,” kata Ketua KONI Batola, Dahlan.

Dahlan juga berharap atlet-atlet Batola yang telah dipersiapkan bisa bertanding dengan baik dan sportif serta membawa hasil yang membahagiakan.

“Kita optimis saja, walaupun cabor unggulan dayung dan menembak tidak diikutkan namun berbekal persyaratan atlet yang diikutkan minimal juara IV di kejurprov lalu maka di Porprov ini insya Allah hasilnya tidak mengecewakan,” tutur Dahlan.