starbanjar.com
WhatsApp Image 2022-03-19 at 20.47.05 (1).jpeg

Apresiasi Karya Sineas di Kalsel, FSB Gelar Ajang Layar Film Banjar 2022

Nurul Khasanah
19.3.2022

STARBANJAR- Forum Sineas Banua (FSB), bakal kembali menggelar program Layar Film Banjar (LFB) sebagai bentuk apresiasi terhadap para pelaku perfilman di Kalimantan Selatan. Kegiatan ini akan berlangsung di sejumlah lokasi, dari tanggal 21 hingga 30 Maret 2022 mendatang.

Ketua FSB, Munir Shadikin, menjelaskan bahwa puluhan karya hasil sineas lokal bakal diputar dalam kegiatan LFB dengan konsep layar alternatif. Ia bilang, kegiatan semacam ini mesti dihelat untuk mempertemukan kembali para sineas dengan para penikmat film di Kalimantan Selatan.

Munir menjelaskan, pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun terakhir memang bikin banyak perubahan, termasuk terbatasnya kerja-kerja sineas dalam pengembangan perfilman di Kalsel. 

"Munculnya Covid-19 menimbulkan banyak perubahan seperti halnya aturan pembatasan beraktivitas, yang tentunya berpengaruh bagi para sineas lokal untuk berkarya sehingga turut menjadi penyebab menurunnya produk film lokal. Terbukti dalam 2 tahun belakangan tercatat hanya ada 20 Film Pendek yang di produksi," kata Munir dalam keterangan yang diterima Starbanjar, Sabtu (19/3/2022).

Selain itu, Munir juga mengakui, pemutaran film dengan konsep layar alternatif memang minim dua tahun ke belakang. "Ini turut berimbas pada menyusutnya penikmat film lokal itu sendiri. Hal ini yang menambah alasan mengapa perlu adanya suatu program yang dapat mempertemukan film karya sineas lokal kepada penontonnya," kata dia.

Lewat LFB 2022, Munir berharap para sineas di Banua dapat terus terdorong untuk berkarya sekaligus menjadi tempat untuk menumbuhkan minat warga menonton film lokal. 

Ajang Layar Film Banjar 2019. Dua tahun setelahnya kegiatan ini sempat vakum karena pandemi Covid-19. 

Opening Ceremony LFB 2022 bakal digelar mulai digelar pada Senin (21/3/2022). Dimulai dari screening sejumlah webseries di Plaza Smart City Menara Pandang dan dibuka secara umum.

Selanjutnya film terpilih yang sudah diakurasi akan diputar di beberapa tempat/kota dari 21 s/d 30 Maret. Selain adanya pemutaran film, juga akan dilakukan penyerahan penghargaan kepada para filmmaker.