starbanjar.com
Baguna.jpg
BAGUNA Kalsel telah merampungkan Kemah Siaga bencana di Kiram Park 14-15 Januari 2022. (Foto : Dokumentasi BAGUNA untuk Starbanjar)

Baguna Se-Kalsel Bakal Susun Struktur Pengurus Sampai Tingkat Kecamatan

Ahmad Husaini
16.1.2023

STARBANJAR - Baguna Kalimantan Selatan telah merampungkan Kemah Siaga Bencana  Se-Kalsel bertempat di Kiram Park 14 - 15 Januari 2023.

Kegiatan Kemah Siaga Bencana turut mengundang Kepala BKKBN Kalsel, Kepala BMKG Kalsel, BPBD Bidang Kedaruratan, dan Instruktur Basarnas untuk melakukan simulasi water Rescue di Danau Kiram Park.

Kepala BAGUNA Kalsel Rizal Nagara menuturkan kegiatan kemah ini tidak hanya sekadar mengupgrade pengetahuan peserta mengenai pengetahuan tentang penanganan kebencanaan, tetapi juga melahirkan rekomendasi bagi Baguna Se-Kalsel dalam menyusun gerak langkah di tahun 2023.

"Rapat konsolidasi menghasilkan beberapa rekomendasi yang disepakati,  pertama Baguna Cabang yang belum jelas struktur kepengurusan serta belum ada kepala Baguna definitif yang di SK-kan DPC harus segera kita perbaiki dan koordinasikan dengan DPC serta Baguna Daerah, agar sebelum Bulan Juni 2023 sudah semua Baguna Cabang terstruktur organisasi di tingkat Cabang hingga Kecamatan," ujar Rizal dalam siaran pers yang diterima, Senin (16/1/2023).

"Rekomendasi kedua, kita tidak hanya fokus kepada bencana-bencana alam, tapi Baguna Se-Kalsel sinergi dan kolaborasi dengan BKKBN untuk terlibat aktif turun ke masyarakat untuk membantu mengatasi permasalahan stunting dan gizi buruk," tambah Rizal

Rizal merekomendasikan kegiatan Kemah Siaga Bencana akan diupayakan  dihelat saban tahun.

Setiap kemah siaga bencana, akan selalu ada nominasi Baguna Cabang teraktif sebagai bentuk reward dan motivasi bagi Baguna Cabang lainnya untuk lebih aktif.

Pada tahun 2022, Baguna teraktif kita berikan kepada Baguna Cabang Tanah Bumbu.

"Rekomendasi terakhir, kita juga komitmen agar Baguna Cabang Se-Kalsel aktif di media sosial dan media online, agar setiap kegiatan Baguna Se-Kalimantan Selatan selalu mempunyai jejak digital dan sebagai laporan pertanggungjawaban partai kepada masyarakat di Bidang Sosial, Kemanusiaan dan Penanggulangan Bencana," tutup Rizal.