Bandara Syamsuddin Noor Buka Layanan Rapid Test, Hasil Pemeriksaan Keluar 30 Menit

Ekonomi, Finansial, & Fintech 27 Jul 2020, By TIm Starbanjar
Bandara Syamsuddin Noor Buka Layanan Rapid Test, Hasil Pemeriksaan Keluar 30 Menit (Source: Istimewa)

STARBANJAR- Otoritas Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor, per hari ini, Senin (27/7/2020) secara resmi membuka layanan rapid test untuk penumpang maupun masyarakat umum.

Layanan ini dibuka, selain sebagai sarana deteksi dini Covid-19, juga untuk keperluan syarat penerbangan. Manajemen PT Angkasa Pura (AP) 1 selaku otoritas bandara bekerja sama dengan Angkasapura Support dan RS Syifa Medika.

“Biaya yang dikenakan untuk layanan ini sebesar Rp 150.000 untuk satu kali tes dengan hasil pemeriksaan yang dapat langsung diketahui dalam rentang waktu kurang lebih 30 menit," ujar Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager Bandara Syamsuddin Noor, Suriganata dalam keterangan resmi.

Adapun layanan rapid test buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 15.00 WITA. Pelaksanaan tes akan dipusatkan di Gedung Shelter Bus Bandara Internasional Syamsuddin Noor.

Suriganta memastikan layanan rapid test tetap memperhatikan protokol kesahatan Covid-19. Untuk meminimalisasi penularan virus, petugas dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) seperti face shield, masker, sarung tangan, dan baju pelindung.

Sementara, untuk pengguna layanan diwajibkan cuci tangan dan menjalani pengecekan suhu tubuh sebelum menjalani rapid test.

Lantas, bagaimana teknis pelaksanaan rapid test? Soal ini, pengguna layanan akan diberi formulir sebagai tanda registrasi. Pemeriksaan akan dilakukan oleh dokter serta menjalani pengambilan sampel darah.

Setelah itu, pengguna layanan akan dipersilakan menunggu hasil pemeriksaan di ruangan yang sudah disediakan otoritas bandara.

 

 

 

 

 

undefined

Redaksi Starbanjar