starbanjar.com
Kondisi Banjir
Kondisi Banjir

Banjir Besar, Legislator Desak Mensos Kunjungi Kalsel

Redaksi Starbanjar
16.1.2021

STARBANJAR - Banjir dan pasang air menerjang puluhan kecamatan di Kalimantan Selatan, belum menunjukkan tanda-tanda mereda.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem akan berlangsung hingga tiga hari kedepan. Akibat musibah ini, tercatat puluhan ribu jiwa yang terdampak.

Anggota DPD RI dapil Kalsel habib Abdurrahman Bahasyim mendesak Menteri Sosial Tri Rismaharini dan jajaran datang langsung ke Kalsel untuk melihat langsung kondisi rakyat di Kalsel yang mengalami musibah banjir.

"Saatnya Sekarang bagi Mensos untuk blusukan ke Kalsel, jangan cuma cari pemulung di Jakarta, sekarang di Kalsel ribuan rumah terkena banjir parah, mereka harus di bantu secepatnya," ujar Habib Banua, sapaan akrabnya, Jum'at (15/1/2021).

Dia menyebut kesehatan dan keselamatan rakyat harus diperhatikan dan diutamakan. Bukan tanpa alasan, dikhawatirkan penyakit menular akan terjadi setelah banjir.

Habib Banua juga menyoroti lambannya penanganan banjir dan terkesan tidak terintegrasi antara instansi terkait.

"Semua pada jalan sendiri sendiri, dimana mana masyarakat meminta bantuan, dan ada juga yang mengumpulkan bantuan secara mandiri, saya sangat prihatin dan menangis melihat kondisi ini," tegasnya.

Bagi Habib Banua pemerintah provinsi harus mengambil langkah cepat mengkalkulasi kerugian masyarakat dan menyediakan bantuan untuk keperluan korban yang terdampak.

"Masyarakat harus cepat di evakuasi, jangan sampai ada korban jiwa akibat bantuan yang terlambat," imbuhnya.