starbanjar.com
Dispersip gunung Mas.jpeg

Belajar Penataan Arsip, Dispersip Gumas Kunjungi Depo Arsip Kalsel

Redaksi Starbanjar
29.9.2021

STARBANJAR - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan kedatangan rombongan tamu dari Dispersip Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah.

Rombongan dipimpin Kepala Dispersip Gunung Mas Edwin Yustian mengunjungi Depo Arsip Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarbaru. Mereka diterima Kepala Bidang Pengelolaan Kearsipan Alfazi dan Kepala Bidang Pembinaan dan Pelayanan Kearsipan Chozanatun Nisa, langsung diajak melihat ruang penyimpanan arsip dan sistem penataan arsip.

“Di sini memang sangat bagus, itu memang salah satu alasan kami untuk ke sini, dan informasi tersebut diberikan oleh Arsip Nasional RI,” ungkap Edwin, Selasa (28/9/2021).

Pengelolaan arsip di Dispersip Kalsel mendapat penghargaan kearsipan nasional kategori BB (sangat baik), pada peringkat nilai hasil pengawasan kearsipan instansi pemerintah tingkat daerah tahun 2020. 

Kepala Seksi Pembinaan Kearsipan Dispersip Gunung Mas Marini, juga menyatakan berbagai kendala yang dihadapi. Oleh karenanya, kedatangan mereka untuk bertukar pendapat tentang pengelolaan kearsipan daerah.

“Kearsipan masih dipandang sebelah mata dan SDM kearsipannya sangat kurang bahkan belum ada, makanya kita berupaya selalu belajar dan melihat secara langsung bagaimana pengelolaan arsip di daerah lain,” bebernya.

Ditambahkannya, pada tahun 2007 instansi mereka mendapat predikat buruk, dan secara bertahap akhirnya pada tahun 2020 mendapat peringkat 3 (memuaskan) untuk tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.