Belum Diizinkan CFD, Warga Tetap Ramaikan Kawasan Siring Jendral Sudirman Banjarmasin

Banjar UPDATE 28 Jun 2020, By TIm Starbanjar
Belum Diizinkan CFD, Warga Tetap Ramaikan Kawasan Siring Jendral Sudirman Banjarmasin (Source: Ari Arung Purnama)

STARBANJAR- Penutupan kegiatan Car Free Day (CFD) di kawasan Siring Jendral Sudirman Banjarmasin selama Pandemi Virus Corona tak digubris sejumlah warga kota.

Dari pantauan starbanjar, Minggu (28/6/2020), kawasan tersebut tetap diramaikan dengan pengunjung. Lantaran belum ada izin resmi CFD, area ini pun juga ditambah padat dengan adanya lalu lintas kendaraan bermotor.

Personil satlantas yang biasa bertugas di perempatan Jendral Sudirman, Indra, mengakui kegiatan CFD yang belum dibuka secara resmi.

Ia menjelaskan jika kegiatan ini sudah diizinkan, maka tentu ada pengalihan arus lalu lintas. Sehingga pengendara bermotor tidak membahayakan pesepeda dan pejalan kaki begitu juga sebaliknya.

"Massa disekitaran masjid raya sabilal ini terlalu banyak. Mereka tidak jaga jarak juga menghalangi para pengguna kendaraan bermotor" kata dia.

Jika olahraga yang dijadikan alasan, menurut Indra para warga harusnya olahraga secara mandiri saja. Tidak berkerumun seperti CFD pada biasanya. Bahkan, lebih baik lagi jika dilakukan di rumah mengingat pandemi masih berlangsung.

Salah satu pengunjung, Fitria Noor Hikmah, mengaku tahu car free day belum dibuka secara resmi. Namun, ia tetap pergi ke sekitaran Masjid Raya Banjarmasin bersama temannya untuk jogging dengan alasan karena dia sudah malas berolahraga didalam rumah.

"Di sini bisa dapat suasana baru, lagian orangnya juga banyak" ujar Fitria.

Kendati demikian, Fitria berkata sedikit takut dengan pengguna kendaraan bermotor yang lalu lalang melintang. Dia juga sadar ini disebabkan oleh tidak dibukanya Car Free Day secara resmi, sehingga tidak ada pengalihan arus jalan raya dari polantas.

"Mau bagaimana lagi? Saya bosan dirumah" dalihnya.

Pengunjung lainnya, Siti Maysarah, juga memilih beolahraga di luar lantaran mencari suasana baru. Ia mengaku sudah dua bulan terakhir intens lebih banyak berada di rumah.

"Kalau aku intinya tetap pakai protokol kesehatan. Terus ini sendirian. Paling juga ketemu teman di sini," kata Siti.

 

 

undefined

Ari Arung Purnama