starbanjar.com
Kampung Hijau
Kampung Hijau

Berpotensi Dongkrak Kunjungan Pelancong, Kampung Hijau Banjarmasin Terus Dipermak

Ari Arung Purnama
04.9.2020

STARBANJAR- Berpotensi mendongkrak kunjungan pelancong, keberadaan destinasi wisata permukiman pinggiran sungai Kampung Hijau Banjarmasin yang berada di Kelurahan Sungai Bilu, Kecamatan Banjarmasin Timur, terus dipermak.

Terbaru, Pemerintah Kota Banjarmasin memasang gapura sebagai keberadaan penanda objek wisata kampung tepian sungai di Kota Banjarmasin ini. Peresmian gerbang sendiri ramai-ramai digelar pada Kamis (3/9/2020) tadi.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menaruh harapan dengan dipermaknya Kampung Hijau ini bisa merangsang pertumbuhan sektor wisata di Kota Banjarmasin. Ia juga berharap perekonomian warga sekitar juga terbantu.

Ia meminta pihak kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Kampung Hijau bisa terus mengembangkan tempat ini lebih maju lagi. Sebab, pokdarwis sendiri yang akan menjadi ujung tombak peningkatan kunjungan wisatawan di masing-masing tempat.

"Kita bina keasrian dan kenyamanan tempatnya. Ini salah satu destinasi andalan Kota Banjarmasin," pungkas Ibnu.

Sekadar diketahui, keberadaan Kampung Hijau sendiri sudah diinisiasi Pemko Banjarmasin sejak tahun 2018 silam dengan anggaran sekitar 1,9 Miliar. Gunanya, untuk mempercantik permukiman pinggiran sungai yang mulanya kumuh.

Di perkampungan ini, semua teras rumah menghadap ke sungai. Akses titian pun dipugar. Dari yang dulunya kayu kini menjadi semen.