starbanjar.com
Kondisi Banjir
Kondisi Banjir

Berry Minta Pemerintah Pusat Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir di HST

Redaksi Starbanjar
16.1.2021

STARBANJAR - Pemerintah pusat memerintahkan TNI dan Basarnas untuk terjun membantu penanganan banjir di Kalimantan Selatan.

Panglima TNI bersama rombongan tiba pada hari ini Sabtu (16/1/2021) pagi. Selanjutnya memantau proses evakuasi korban Banjir.

Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah Berry Nahdian Furqon menjelaskan Bumi Murakarta salah satu kabupaten yang dan lumpuh total akibat air sungai yang meluap dan kiriman air dari pegunungan sehingga hampir seluruh penjuru kota Barabai terendam dan mati total.

"Jika hari ini dan besok tim yang diperintah Presiden datang ke Kalsel, Mohon Kabupaten HST di nomor satukan untuk bantuan penanganan korban banjir karena hingga saat ini kami masih mengevakuasi warga," ujar Berry dalam keterangannya.

Ditambahkannya bahwa HST perlu banyak bantuan, mengingat tidak sedikit korban yang harus mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

“Kami kekurangan perahu karet yang dapat mengevakuasi warga, kekurangan bahan pokok untuk makan, mohon bantuan baju dan pakaian untuk warga yang terdampak, susu bayi, popok dan lain sebagainya," ucap sekretaris PWNU Kalsel ini.

Sebelumnya, Berry menyampaikan bahwa distrubusi logistik sudah mulai dilakukan, tetapi sebagian terkendala karena arus air yang deras sehingga sulit ditembus.

Selain logistik berupa makanan dan pakaian juga dibutuhkan tim dan sarana kesehatan. Wabup Berry berpesan kepada warga untuk terus saling bahu membahu dan gotong royong untuk menangani banjir.