Bertambah 39 Pasien, Kasus Positif Covid-19 Kalsel Tertinggi di Kalimantan

Banjar UPDATE 29 Jun 2020, By Tim Starbanjar
Bertambah 39 Pasien, Kasus Positif Covid-19 Kalsel Tertinggi di Kalimantan (Source: Istimewa)

STARBANJAR - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kalsel merilis data terbaru perkembangan Pandemi Virus Corona atau Covid-19, Senin (29/6/2020).

Juru bicara GTPP Covid-19 Kalsel HM Muslim menjelaskan pasien yang terkonfirmasi positif bertambah 39 kasus, hingga kini total pasien positif di Kalsel tembus 3.042 pasien.

Puluhan tambahan kasus positif, lanjutnya dua diantaranya merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di RSUD Damanhuri Barabai dan RS Bhayangkara Banjarmasin.

“Kemudian 37 kasus merupakan hasil tracing yang ditemukan oleh Surveilans Epidemiologi kita di lapangan,” ucap Muslim.

37 kasus hasil tracing sendiri, didominasi berasal dari Kota Banjarmasin sebanyak 22 kasus. Disusul sebanyak 6 kasus dari Kabupaten Tanah Laut, masing-masing 3 kasus dari Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tapin, serta masing-masing satu kasus dari Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Tabalong.

Dia mengatakan saat ini terdapat 2.117 kasus positif Covid-19 aktif di Kalsel yang sedang menjalani perawatan. Di mana, dari jumlah tersebut, 551 kasus menjalani perawatan di beberapa rumah sakit. Sedangkan 1.566 kasus lainnya menjalani karantina khusus maupun isolasi mandiri.

Di samping itu, tercatat ada 14 kasus yang dilaporkan telah sembuh. Di mana, jika ditotal hingga saat ini ada 739 kasus yang sembuh dari Covid-19.

“14 kasus ini diantaranya ada 2 dari isolasi mandiri di Kabupaten Banjar. Kemudian satu kasus di karantina khusus di Kabupaten Tanah Laut, satu kasus dari Banjarbaru, dan 10 kasus dalam karantina khusus di Banjarmasin,” ungkap Muslim yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel ini menyebut kasus kematian akibat Covid-19 juga bertambah sebanyak 4 kasus, yang semuanya berasal dari Kota Banjarmasin. Di mana, keempatnya meninggal dunia dengan status sebagai PDP masing-masing pada 4 Juni, 17 Juni dan 22 Juni 2020. Belakangan, keempatnya terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil laboratorium PCR (polymerase chain reaction).

Sehingga, saat ini ada 186 kasus positif Covid-19 yang meninggal dunia. “Yaitu berasal dari RS Islam, RSUD Ulin, RSUD Ansari Saleh dan terkonfirmasi positif pada hari ini,” tandas Muslim.

undefined

Donny Muslim