starbanjar.com
IMG-20240920-WA0012.jpg

Bertemu dengan AJI Biro Banjarmasin, Konjen Australia di Makassar Lakukan Kunjungan Perdana ke Kalsel

Redaksi Starbanjar
20.9.2024

STARBANJAR – Konsul Jenderal (Konjen) Australia di Makassar, Todd Dias melakukan pertemuan dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Balikpapan Biro Banjarmasin, Kamis (19/9/2024) sore.

Pertemuan berlangsung di Sante Cafe Fugo Hotel Banjarmasin. Pertemuan yang hampir dua jam itu banyak mendiskusikan isu sosial, politik, dan budaya di Kalsel.

Diketahui, pertemuan itu terjadi di sela Todd Dias melakukan kunjungan resminya ke Provinsi Kalsel. Todd Dias mengakui bahwa kunjungan ke Kalsel merupakan yang pertama.

“Saya sangat senang dapat melakukan kunjungan pertama saya ke Kalimantan Selatan untuk mempererat hubungan provinsi ini dengan Australia,” katanya.

Berada di Kalsel selama tiga hari, dari 18 sampai 20 September 2024, Todd Dias juga bertemu dengan para pejabat Pemerintah Provinsi Kalsel, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, dan Kepala Bank Indonesia Kalimantan Selatan Fadjar Majardi.

Kunjungan perdana Konsul-Jenderal ke Kalsel dianggap sangat spesial. Sebab, bertepatan dengan perayaan ulang tahun Kota Banjarmasin. Ia turut menghadiri Festival Jukung Hias Tanglong.

“Saya berharap masyarakat Kalimantan Selatan dapat memperoleh manfaat dari berbagai program Australia, termasuk beasiswa S2 dan S3 dari Australia Awards, kerja sama di bidang penelitian, dan berbagai program yang membantu kelompok rentan,” harapnya.

Selain pertemuan dengan pejabat daerah, Konjen Dias juga berkunjung ke Universitas Lambung Mangkurat. Ia sekaligus memberikan kuliah umum tentang Hubungan Australia dengan Indonesia dan Peluang Studi di Australia.

Konjen Dias juga mengadakan acara makan malam bagi para alumni Australia yang ada di Kalsel.

Diketahui, Konsulat Jenderal Australia di Makassar memiliki wilayah yuridiksi 12 provinsi di Indonesia, termasuk Kalsel. 

Tahun ini, Australia dan Indonesia merayakan 75 tahun hubungan diplomatik. Australia memegang peranan penting dalam membantu Indonesia untuk bergabung dengan PBB.