starbanjar.com
IMG20220926103826.jpg
56 Pengurus Dewan Kesenian Batola dilantik oleh Bupati Batola, Noormiliyani. (Istimewa)

Bupati Batola Lantik 56 Pengurus DK Batola, Bajau Malela Hidupkan Kesenian di Bumi Eja Jela

Redaksi Starbanjar
26.9.2022

STARBANJAR - Pelantikan pengurus Dewan Kesenian Barito Kuala (DK Batola) resmi dilantik oleh Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS di Aula Selidah Marabahan, Kabupaten Batola, Kalimantan Selatan, Senin (26/9/2022).

Berjumlah 56 pengurus, Ketua Dewan Kesenian Batola Bajau Malela bersyukur dapat dilantik dalam kesempatan itu. Dia menginginkan dunia kesenian Batola semakin maju, serta berkembang di bumi Eja Jela.

"Hari ini ulun (saya) sangat bangga dihadiri oleh orang nomor satu di Bumi Eja Jela yakni Bupati Batola, Ibu Noormiliyani. Sebuah keindahan seni dan kami impikan bersama, serta dukungan selama ini," ucap Ketua Dewan Kesenian Batola, Bajau Malela.

Bajau mengucapkan tanda terimakasih kepada dewan penasehat dan pembina, yang selama ini telah memberikan masukkan. Kepada ayahanda Ibramsyah Amandit, Syarkian Noor Hadie, Maskuni, serta Ibunda Noor Aida dan Ratna.

"Dan ayahanda, legendnya sastra Kalimantan Selatan yakni Ibramsyah Amandit, Penyair Janggut Naga. Dan beberapa guru sastra ulun (saya) lainnya, tak dapat saya ucapkan satu per satu."

Kemudian, Bajau menginginkan kiprah kepengurusan Dewan Kesenian Batola di tangan kepemimpinannya itu dapat melenggang ke tingkat regional, nasional bahkan Internasional. Dia mengapresiasi semua pihak yang mendukung organisasinya, sehingga dapat berdiri sampai dilantiknya hari ini.

Tentu, Bajau melihat dukungan serius dari Bupati Barito Kuala, Hj Noormiliyani. Dalam bidang-bidang kesenian, dia merasa terbantu atas support selama ini, sehingga pengembangan seni terus digaungkan di Bumi Eja Jela.

"Saya selaku Ketua Dewan Kesenian Batola ingin mengucapkan terimakasih setinggi-tingginya, terlebih kepada Ibu Bupati Batola. Dan kita cintai, tanpa beliau acara ini tak dapat diselenggarakan," ungkap Bajau.

Bupati Batola, Noormiliyani AS menyampaikan dalam sambutan bahwa

"Atas nama masyarakat, pemerintah dan saya pribadi, selamat atas kepengurusan baru Dewan Kesenian Batola. Dilantiknya hari ini, semoga dan semakin pro aktif dalam menjaga, serta merawat dunia kesenian," ucap Noormiliyani.

Tentu, Noormiliyani menginginkannya edukasi seni ditengah masyarakat Batola, tentu perlu dorongan dari para seniman didaerah ini. Menurutnya, tugas pengurus Dewan Kesenian Batola adalah memberi pendidikan dan pengembangan kepada masyarakat.

"Program-program Dewan Kesenian Batola diharapkan dapat mendukung kerja pemerintah Batola. Sehingga, pembangunan sumber daya manusia di masyarakat dapat meningkat," katanya.

Kemudian, Noormilyani menyebut adanya pengurus baru dapat menjembatani antara para seniman dan generasi baru, serta memenuhi harapannya. Upaya itu, kata dia, selain merawat seni juga menumbuhkan gairah kesenian di Kabupaten Batola.

"Ke depan, pengurus baru Dewan Kesenian Batola dan Pemkab Batola dapat bersinergi dalam kerja-kerjanya. Lewat kolaborasi, kita dapat mengembangkan dunia kesenian di Bumi Eja Jela," tandanya.

Kegiatan pelantikkan itu dihadiri oleh Kepala UPTD Taman Budaya, Suharyanti, Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Disdikbud Kalimantan Selatan, Sunjaya Adhiarso, Ketua Dewan Kesenian Banjarmasin, Hajriansyah dan sebagainya.