starbanjar.com
Ilustrasi seorang wanita mencuci baju di mesin cuci.
Tips Jitu Menghemat Listrik ala Orang Jepang (amenify)

Cara Menghemat Listrik ala Orang Jepang, Simpel dan Hemat Biaya

Redaksi Daerah
18.9.2024

JAKARTA – Listrik adalah suatu aliran elektron dari atom ke atom lainnya melalui sebuah penghantar, atau suatu energi yang berperan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Energi listrik ini dapat dimanfaatkan untuk mengoperasikan perangkat elektronik seperti komputer dan berbagai alat lainnya yang membantu mempermudah aktivitas atau pekerjaan manusia.

Meski begitu, banyaknya alat elektronik yang Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari, lalu penggunaan perangkat elektronik yang tidak terkontrol akan berdampak negatif pada besarnya tagihan listrik yang harus dibayar. Untuk itu, Anda bisa menggunakan tips menghemat listrik ala orang Jepang.

Dilansir dari SoftBank News, suhu di Jepang sempat mencapai rekor tertinggi sepanjang musim panas, dan pemakaian listrik mengalami peningkatan. Oleh karena itu, setiap rumah angga dan bisnis perlu mengurangi konsumsi listrik.

Berikut ini beberapa kiat untuk mengurangi penggunaan listrik di rumah. Yuk, simak artikel berikut!

Cara Menghemat Listrik ala Orang Jepang

Berikut beberapa cara hemat listrik ala orang Jepang yang bisa Anda terapkan:

Penerangan

Tips pertama yaitu dari segi lampu. Salah satu cara menghemat listrik ala orang Jepang adalah dengan memilih jenis lampu yang tepat. Karena lampu digunakan setiap hari, perlu lebih selektif lagi saat memilihnya. Gunakan ke jenis lampu yang lebih hemat energi dapat membantu menghemat listrik.

Lampu LED dikatakan mengonsumsi sekitar 20% daya lampu pijar, dan lebih tahan lama. Jika Anda masih menggunakan lampu pijar, mengapa tidak memanfaatkan kesempatan ini untuk mengganti lampu rumah Anda ke LED dan mengurangi tagihan listrik? Hal ini tentu akan membantu mengurangi tagihan listrik rumah.

Meningkatkan Kelembapan di dalam Rumah

Cara menghemat listrik ala orang Jepang berikutnya adalah dengan meningkatkan kelembapan di dalam rumah. Ini bisa membantu menjaga kualitas sirkulasi udara tetap bersih dan hangat. Untuk menjaga kelembapan udara, Anda bisa rutin membuka jendela, mengoleksi tanaman hias, menggunakan tirai berwarna terang, atau memakai humidifier yang dicampur dengan minyak esensial.

Kurangi Penggunaan AC

Penggunaan listrik AC dapat dikurangi hanya dengan menaikkan suhu sebesar satu derajat, misalnya dari 27 menjadi 28 derajat Celsius. Menyalakan AC dan menaikkan atau menurunkan suhu secara cepat justru membuat listrik lebih boros. Salah satu cara menghemat energi adalah dengan melengkapi AC dengan sirkulator udara atau kipas angin untuk mengalirkan udara dingin ke seluruh ruangan.

Lemari Es

Penggunaan lemari es atau kulkas dapat menyebabkan peningkatan pemakaian listrik di rumah. Sebaiknya Anda memberi jarak pada penempatan barang di dalam lemari es sehingga udara dingin dapat bersirkulasi dengan mudah.

Selain itu, saat menyimpan makanan yang sudah dimasak, biarkan dingin sebelum memasukkannya ke dalam lemari es. Saat makanan dimasukkan ke dalam lemari es saat masih panas, suhu di dalam lemari es akan naik, dan ini berarti diperlukan energi ekstra untuk mendinginkannya.

Selain itu, ketika menyimpan makanan yang sudah dimasak, biarkan terlebih dahulu hingga dingin sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas akan meningkatkan suhu di dalamnya, sehingga penggunaan pun meningkat.

Penggunaan Mesin Cuci

Untuk menghemat air dan listrik, sering kali kita berpikir bahwa mencuci dalam jumlah besar adalah solusi yang baik. Namun, jika mesin cuci terlalu penuh, deterjen sulit menyerap ke pakaian dengan baik, sehingga proses pembersihan noda menjadi kurang bersih. Akibatnya, Anda harus mencucinya lagi untuk membersihkannya, dan akan berdampak pada tagihan listrik dan air meningkat.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya batasi jumlah cucian hingga sekitar 70-80% dari kapasitas tabung. Selain itu, seperti halnya AC, sebaiknya bersihkan tabung mesin cuci dan filternya secara teratur.

Mencabut peralatan yang tidak digunakan dalam waktu lama akan menghemat lebih banyak listrik, karena menghilangkan konsumsi daya saat perangkat berada dalam mode siaga.

Hal-hal di atas adalah hal kecil yang dapat kita lakukan, tetapi jika dilakukan secara bersama-sama, hal tersebut dapat membuat perbedaan besar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 15 Sep 2024 

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 18 Sep 2024