starbanjar.com
Daftar iPhone yang Rawan Jadi Sasaran Hacker, Ada Milik Anda?
Daftar iPhone yang Rawan Jadi Sasaran Hacker, Ada Milik Anda? (Apple)

Cek di Sini Apakah iPhone Anda Termasuk dalam Daftar Sasaran Hacker

Redaksi Daerah
25.4.2024

JAKARTA - Hanya dalam waktu beberapa bulan, jutaan perangkat iPhone di berbagai daerah di seluruh dunia bisa jadi lebih rentan dan berbahaya bagi penggunanya. Seperti yang dilansir dari HT Tech, hal ini dapat terjadi karena setelah pembaruan iOS 16 diluncurkan, model iPhone lama akan berhenti mendapatkan pembaruan OS dan keamanan.

Meski pembaruan OS tidak menimbulkan kerugian yang besar, tidak menerima pembaruan keamanan akan membuat beberapa jenis perangkat iPhone jadi lebih rentan terhadap malware dan upaya peretasan.

Perangkat iPhone tersebut juga akan jadi sasaran empuk segala jenis virus dan serangan yang tidak boleh dianggap enteng. Seperti yang dilansir dari HT Tech, perangkat yang berhenti menerima pembaruan keamanan yaitu iPhone 6s, iPhone 7, dan iPhone SE generasi pertama.

Perangkat iPhone Lama Jadi Rentan Terhadap Malware dan Hacker

Apple tampak mengejutkan penggemarnya dengan menghentikan dukungan dan pembaruan untuk sejumlah iPhone. Akibatnya akan lebih banyak perangkat yang tidak didukung lagi setelah iOS 16 diluncurkan.

Tanpa pembaruan keamanan, perangkat-perangkat tersebut tidak akan mendapatkan perlindungan terhadap malware baru dan upaya peretasan. Jadi, malware baru apapun seperti malware Joker yang ditemukan di ponsel Android dapat menyerang perangkat iPhone lama dan bisa mencuri uang atau informasi dengan mudah. Hal itu karena Apple tidak akan memperbarui kerangka keamanan, maka tembok pertahanan pertama akan hilang.

Menggunakan perangkat yang tidak memiliki keamanan tentu adalah pilihan berisiko yang tidak disarankan. Setelah siklus dukungan smartphone apapun berakhir, pengguna perlu mengupgrade perangkatnya karena smartphone modern berisi banyak informasi pribadi dan keuangan yang tersimpan di dalamnya.

Tidak hanya itu, risiko akan semakin besar, selama upaya peretasan karena peretas tidak hanya dapat memperoleh akses ke perangkat tapi juga mengunci Anda dari perangkat tersebut.

Kali ini iPhone 6S, iPhone 7, dan iPhone SE generasi pertama akan dihentikan oleh Apple. Jadi jika Anda masih menggunakan salah satu iPhone tersebut, pertimbangkan untuk meningkatkan ke model yang lebih baru atau pindah ke perangkat Android.

Itu tadi beberapa perangkat atau ponsel iPhone yang tidak mendapatkan upgrade keamanan sehingga lebih rentan terkena hacker atau peretasan.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 25 Apr 2024