starbanjar.com
203860940_1167389647100298_7381741734989138834_n.jpg
Kegiatan Vaksinasi Covid-19 di GOR Hasanuddin Banjarmasin.

Digelar Tiga Lokasi, Warga Banjarmasin Ramai-ramai Ikuti Vaksinasi Covid-19 Gratis

Redaksi Starbanjar
26.6.2021

STARBANJAR- Ribuan warga Kota Banjarmasin ramai-ramai mengikuti program vaksinasi Covid-19 di tiga titik lokasi seperti Gedung Sultan Suriansyah, GOR Hasanuddin, dan Gedung Mahligai Pancasila, pada Sabtu (26/6/2021).

Dibuka secara gratis, ada 7.000 orang yang ditarget mengikuti kegiatan ini. Terdiri dari kalangan lansia, guru, mahasiswa, kelompok disabilitas, hingga masyarakat secara umum.

Fitriani, mahasiswa ULM, menjadi salah satu peserta vaksinasi di Gedung Sultan Suriansyah. Ia mengaku tertarik lantaran selama ini susah mencari akses informasi mengenai vaksin.

"Kurang tahu di mana lokasinya. Nah, ini kan ada digelar besar-besaran. Mumpung gratis juga. Jadi ikutlah," kata dia.

Usai menjalani vaksin, ia mengaku tak mengalami efek yang signifikan. Paling mentok, perempuan 21 tahun ini hanya merasa sedikit merasa kantuk lebih kuat dari biasanya.

"Selebihnya enggak ada. Jadi, kalau ada yang bilang vaksin bahaya, sampai saat ini enggak terbukti sih," tuturnya.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, yang turut memantau kegiatan vaksinasi mengapresiasi warga yang sudah ramai-ramai berpartisipasi. Ia menegaskan, vaksin dibuat semata-mata untuk meningkatkan antibodi atau kekebalan tubuh.

"Jangan percaya dengan hoaks. Jangan percaya dengan isu-isu dengan tidak bener," kata Ibnu.

"Suka tidak suka, tinggal menunggu waktu saja, bahwa vaksin ini harus kita lakukan," tambahnya.

Seiring dengan antusiasme warga, Ibnu mengaku siap  menambah stok vaksin di Banjarmasin agar kekebalan kelompok di kota seribu sungai tercapai.

Untuk diketahui, kegiatan vaksinasi di Banjarmasin beriringan dengan pencanangan vaksin secara nasional. Pembukaannya dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam arahannya, Presiden RI, Joko Widodo menyatakan, percepatan program vaksinasi nasional terus dilakukan oleh pemerintah, guna menciptakan kekebalan komunal dan menekan laju penyebaran Covid-19.

Jokowi bilang, target satu juta dosis vaksin per hari, yang dimulai hari ini, dapat terjaga hingga bulan Juli nanti. 
Selanjutnya, pada bulan Agustus nanti ditargetkan penyuntikan vaksin pada masyarakat dapat dilakukan dengan jumlah yang lebih besar.

"Saya berharap mulai hari ini target satu juta vaksin untuk seluruh Indonesia terus kita jaga sampai nanti bulan Juli. Bulan Agustus akan kita beri target dua kali lipat dari yang ada sekarang ini," ucap Jokowi dalam keterangan pers.