starbanjar.com
Festival Pasar terapung.jpeg
Salah satu jukung hias meramaikan festival pasar terapung

Dihadiri Ribuan Orang, Festival Wisata Budaya Pasar Terapung Resmi Dibuka

Ahmad Husaini
12.8.2022

STARBANJAR - Festival Wisata Budaya Pasar Terapung ke-14 digelar di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, berhasil menarik antusias dari ribuan masyarakat untuk menonton.

Kegiatan yang dihadiri Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesra Setdaprov, Nurul Fajar Desira, turut hadir Kepala Daerah Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Selatan atau yang mewakili beserta jajaran terkait.

Festival Wisata Budaya Pasar Terapung Tahun 2022 masuk dalam rangkaian Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan yang Ke-72 dengan tema, Batiti Adat Banua Harat, Basuluh Iman Banua Tarang, berlangsung di Taman Siring 0 Kilometer, Kota Banjarmasin, Jumat (12/08/2022) malam. 

Usai kegiatan, Ibnu Sina menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya festival tersebut, menurutnya kegiatan itu dapat mengangkat sekaligus memasyhurkan budaya lokal, warisan budaya serta kuliner Kalimantan Selatan khususnya yang ada di Kota Banjarmasin. 

"Alhamdulillah, dalam rangka Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2022, kita dari Banjarmasin ikut berpartisipasi dengan menampilkan berbagai macam produk, ada wadai cincin juga tadi yang dibuat oleh kawan-kawan Pokdarwis Basirih, lalu ada atraksi ketupat, banyak atraksi yang berbeda-beda malam ini," ucap Ibnu di sela kegiatan. 

Dia berharap hal itu dapat mendorong kembali geliat perekonomian dan pengembangan pariwisata bagi para pelaku usaha khususnya di Kota Banjarmasin.

"Tentu partisipasi mereka ini adalah harapan bagi kita supaya UMKM dapat bergeliat kembali," tutur H Ibnu Sina. 

"Sekali lagi kita bersyukur dalam perayaan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan, jadi ayo warga Banjarmasin silahkan datang kesini, bagi yang mau melihat pameran, termasuk juga pameran produk UMKM," imbuhnya.