starbanjar.com
275241671_1339596733212921_5820517958828085281_n.jpg
Desainer dan penyanyi, Kawang Yoedha, saat membawakan lagu Banjar di HBI Banjarmasin, Minggu (6/3/2022).

Dikemas Mewah, Album Lagu-lagu Banjar Semi Grande Resmi Dirilis

Ari Arung Purnama
06.3.2022

STARBANJAR- Upaya melestarikan lagu-lagu Banjar terus dilakukan para musisi lokal dan pegiat seni budaya di Kalimantan Selatan.

Teranyar, digelar ajang peluncuran album Lagu-lagu Banjar Semi Grande hasil kerja Yayasan Mendulang, sebuah lembaga yang bergerak di bidang seni budaya.

Peluncuran album ini dihelat di Convention Hall Hotel Banjarmasin International, Minggu (6/3/2022) sore. Selain itu, acara juga diputar secara virtual melalui channel Youtube Taman Budaya Kalsel.

Sesuai namanya, lagu-lagu Banjar lawas yang dimuat dalam album ini dikemas secara mewah dan dibawakan oleh Kawang Yoedha, seorang desainer dan penyanyi di Kalimantan Selatan.

Sementara, komposisi musik lagu Banjar dalam album ini diaransemen oleh Yusuf Helmi, seorang arangger musik di Kalimantan Selatan.

Ada lebih 15 lagu Banjar ciptaan musisi lokal seperti Sangu Batulak karya Anang Ardiansyah, Sungai Martapura karya Syarifuddin MS, Banjarmasin karya Gatot Saputra, dan belasan karya lainnya lainnya.

Ketua Yayasan Mendulang, Ismail Iskandar, bilang bahwa launching album ini merupakan satu dari program tahunan pihak yayasan.

"Album ini kita buat selama masa pandemi. Mas Kawang nya sakit, tapi bisa menyanyi. Hampir dua tahun (menggarap album ini)," ujar Ismail.

Ia mengucapkan terima kasih kepada pencipta lagu Banjar yang karya-karyanya masuk dalam album ini.

"Kita ambil lagu-lagu lama Seperti Halin, Manuntut Janji, sampai lagu Abah Anang Ardiansyah ada delapan 8 lagu. Ada lagu baru juga dari Rudy Nugraha judulnya Suluh Kuitan," katanya.

Adapun peluncuran album "Lagu-lagu Banjar Semi Grande" masih bisa diakses melalui Youtube Channel Taman Budaya Kalsel