starbanjar.com
Kondisi rumah pasca kebakaran dini hari tadi
Kondisi rumah pasca kebakaran dini hari tadi

Dilalap Jago Merah, Belasan Rumah Di Alalak Utara Terbakar

Redaksi Starbanjar
08.7.2020

STARBANJAR - Terjadi kebakaran pada Rabu (8/7/2020) dini hari. Setidaknya ada 12 unit rumah yang terbakar dalam peristiewa kebakaran yang melanda Gang Pesantren jalan Alalak Utara.

Padatnya rumah penduduk yang mayoritas dari material kayu menyebabkan kebakaran merambat dengan cepat.

Berdasarkan kesaksian Nur Haliza warga RT 11, dia mengetahui kebakaran saat api terlihat sudah membesar. Saat kebakaran itu Haliza mengaku terbangun mendengar suara ledakan, yang diperkirakannya berasal dari tabung gas.

"Saya tidak tahu apa penyebabya, karena saat keluar rumah api sudah besar," ucap Haliza.

Berbeda dengan Haliza, Uwil, salah satu warga RT 12 menyaksikan sendiri rumahnya menjadi lahapan si jago merah. Setelah menyelamatkan anak dan istrinya, Uwil sempat mengambil barang-barang berharga mereka.

"Kebakarannya itu mulai dari RT 11, jadi saya sempat mengambil beberapa barang berharga di rumah saya," ujar bapak 2 anak tersebut.


Meskipun begitu, belum ada penyebab pasti dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Banjarmasin. BPBD kota Banjarmasin menaksir kerugian yang dihasilkan dari kebakaran ini mencapai 2,5 Miliar Rupiah. Selain itu sebanyak 30 orang harus kehilangan tempat tinggal mereka.

Sementara itu Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Sosial Kota Banjarmasin, memberikan bantuan sosial tanggap darurat kepada para korban kebakaran.

Pemkot Banjarmasin memberikan bantuan simbolis kepada keluarga yang tertimpa musibah

Penyerahan bantuan kepada para korban kebarakan dilakukan secara simbolis oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin Iwan Ristianto.

Dalam kesempatan tersebut, H Ibnu Sina berharap kepada masyarakat Kota Banjarmasin agar saling tolong menolong, untuk meringankan beban para korban kebakaran.

“Mudah-mudahan bisa meringankan beban warga dan juga kami berharap warga setempat di lingkungan sini tetap bisa saling membantu saudara-saudara kita,” harapnya.