Dilanda Banjir Hebat, PW GP Ansor Kalsel Terjunkan Banser

Banjar UPDATE 16 Jan 2021, By Tim Starbanjar
Dilanda Banjir Hebat, PW GP Ansor Kalsel Terjunkan Banser (Kader Banser terjun melakukan evakuasi korban banjir di Kalsel, Source : Istimewa)

STARBANJAR - Banjir hebat yang melanda Kalimantan Selatan dalam sepekan terakhir menggugah kepedulian banyak pihak. Salah satunya adalah Pengurus Wilayah Gerakan Pemuda Ansor (PW GP Ansor) Kalsel.

Ketua PW GP Ansor Kalsel Teddy Suryana menjelaskan organisasi Banom Nahdlatul Ulama itu beserta seluruh cabang telah melakukan gerakan sosial baik itu evakuasi korban maupun kegiatan lainnya bersama komponen/OKP pemuda lainnya.

"GP Ansor dan Banser telah melakukan menggalang bantuan dana dan menyalurkan bantuan melalui posko yang didirikan sendiri maupun posko milik pemerintah dan masyarakat," ujar Teddy dalam keterangannya, Sabtu (16/1/2021).

Dia menyebut PW GP Ansor Kalsel telah membuka donasi Banjir Kalimantan Selatan melalui rekening organisasi yg bantuannya nanti akan di salurkan melalui dua zona yakni zona pertama Kabupaten HST, Tabalong, Balangan, HSS, Tapin dan HSU. Kemudian zonakedua Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Batola, kota Banjarmasin, dan Banjarbaru.

"Mengajak kepada seluruh sahabat Ansor dan Banser untuk fokus pada penanganan bencana banjir, menjadi corong penyampai informasi yang valid dan bahkan bisa turun langsung ke lapangan," pesannya.

Dia berpesan kepada seluruh kader Ansor dan Banser untuk menjaga kondusifitas banua, dengan tidak terprovokasi berita, video-video, maupun isu yang menyudutkan pihak tertentu. 

"Kita fokus pada penyebab banjir, dan bersama-sama bergotong royong untuk membantu masyarakat," ucap Teddy.

Dia menegaskan pemerintah untuk melakukan sesuatu yang lebih dari sekadar yang dilakukan gerakan kesukarelawanan. 

Teddy mendesak pasca banjir seluruh pihak untuk lebih memperhatikan lingkungan hidup, sistem drainase dan tata kota, kehutanan, dan jalannya pertambangan, agar kejadian seperti ini tidak terjadi. 

"Kami memohon pemerintah agar melakukan upaya ekstra, baik dari sisi kebijakan dan utamanya strategi penanganan dampak banjir menyelamatkan masyarakat dan pemulihan pasca banjir," tandasnya.

undefined

Redaksi Starbanjar