starbanjar.com
Gerindra .jpg
Pengurus dan kader Partai Gerindra mengantarkan berkas pendaftaran calon anggota legislatif di KPU Kalsel (Foto : Ahmad Husaini)

Disambut Kesenian Madihin, Partai Gerindra Resmi Daftar ke KPU Kalsel

Ahmad Husaini
13.5.2023

STARBANJAR - Kesenian Madihin menyambut kedatang rombongan Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerakan Indonesia Raya (DPD Gerindra) saat mendaftarkan bakal calon anggota legislatif di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel, Sabtu (13/5/2023) siang.

Ketua DPD Gerindra Kalsel Hj Mariana beralasan kesenian Madihin sengaja dipilih untuk melestarikan budaya Banjar.

Ketika disinggung target partai, ia mengatakan DPP membidik 100 kursi di DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota.

"Alhamdulillah berkas (pendaftaran) sudah diterima KPU Kalsel, mudah-mudahan berjalan dengan lancar seperti yang kita harapkan," ujar Mariana kepada awak media.

Dia menuturkan Gerindra mendaftarkan 55 Bacaleg atau memenuhi 100 persen dari total kouta maksimal bakal caleg.

Wakil ketua II DPRD Kalsel ini menyebut dari 55 caleg Gerindra, komposisi meterwakilan Caleg perempuan mencapai 30 persen seperti yang disyaratkan UU Pemilu.

Bacaleg Gerindra, kata dia berlatarbelakang yang beragam, baik itu politisi, seniman, habib, Ulama hingga influencer milenial.

"Untuk DPRD Kalsel seperti yang disampaikan DPP, kita menargetkan 11 kursi, atau di posisi wakil ketua (DPRD Kalsel)," ucap dia.

Setelah pendaftaran, Mariana memastikan pihaknya akan mengkolidasi partai, kemudian kader dan caleg Gerindra akan turun ke dapil masing-masing untuk menyampaikan visi-misi partai.

Sekadar diketahui, sejak debut di pileg 2009 silam, perolehan kursi dan suara Partai Gerindra menanjak dari Pileg ke Pileg.

Pileg 2009 Gerindra berhasil mengamankan 2 kursi DPRD Provinsi, kemudian naik menjadi 6 kursi pada Pileg 2014.

Dan pada Pileg 2019, partai Gerindra mampu masuk dalam 3 besar peraih suara terbanyak dan berhasil meraih 8 kursi dan mengamankan posisi wakil ketua DPRD.