starbanjar.com

Disdag Kalsel Klaim Harga Minyak Goreng di Ritel Modern Mulai Normal

Redaksi Starbanjar - Jumat, 21 Januari 2022 13:23 WIB
Ilustrasi minyak goreng.

STARBANJAR- Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani, memastikan harga minyak goreng kemasan di ritel atau pasar modern kawasan Kota Banjarmasin dan sekitarnya mulai normal.

Hal tersebut diungkapkan Birhasani saat melakukan monitoring di sejumlah ritel modern, baru-baru tadi. Peninjauan dilakukan menyusul adanya kebijakan satu harga dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI.

Untuk diketahui, Kemendag menetapkan harga minyak goreng setara Rp 14 ribu per liter melalui skema subsidi selama enam bulan.

"Hasilnya hampir semua ritel di Kalsel sudah melaksanakan, menjual (minyak goreng) seharga Rp 14 ribu per liter. Berlaku untuk semua merk," ujar Birhasani, seperti dikutip dari laman resmi Media Center Provinsi Kalsel.

Birhasani mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan RI untuk mendorong produsen menjangkau pasar tradisional melalui distributor dan supplier, agar harga minyak goreng di pasar tradisional juga bisa menyesuaikan dengan ketentuan tersebut.

“Untuk pasar tradisional diberi waktu satu minggu untuk segera menyesuaikan dengan ketentuan pemerintah, yaitu Rp14 ribu per liter,” kata Birhasani.

Birhasani pun berharap Pemerintah Kabupaten/Kota bisa menyosialisasikan kebijakan satu harga minyak goreng ini ke masayarakat di wilayah masing-masing.

“Kita semua tahu bahwa tidak semua kabupaten, kecamatan, dan desa di Kalsel ada ritel modernnya. Di saat masa transisi antara harga lama dengan harga baru ini, agar masyarakat yang di wilayahnya mengetahui harga terbaru yang diwajibkan pemerintah,” ujar Birhasani.

Editor: Redaksi Starbanjar
Bagikan

RELATED NEWS