starbanjar.com
sertifikasi pustakawan.jpg

Dispersip Kalsel Gelar Ujian Sertifikasi Kompetensi Pustakawan

Ahmad Husaini
28.5.2023

STARBANJAR - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) memberikan kepercayaan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk melaksanakan ujian sertifikasi kompetensi pustakawan.  

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan, Provinsi Kalsel terpilih menjadi salah satu dari 10 provinsi di Indonesia yang ujian sertifikasi kompetensi perpustakaannya dibiayai oleh Perpusnas RI.  

“Peserta yang ikut uji sertifikasi pustakawan ini berjumlah 65 orang, yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di Kalsel,” kata Bunda Nunung sapaan akrabnya, belum lama tadi.  

Ia menuturkan, uji sertifikasi kompetensi pustakawan ini sangat penting untuk mengukur kemampuan dan keahlian dari pustakawan yang ada di Provinsi Kalsel. 

Bunda Nunung mengatakan untuk mendapatkan sertifikasi pustakawan, merupakan bentuk pengakuan keahlian perpustakaannya.  

Lantas, dengan adanya pustakawan yang mempunyai sertifikasi ini kata Bunda Nunung, maka pengelolaan perpustakaan diharapkan lebih maksimal lagi sehingga perpustakaan semakin banyak dikunjungi oleh masyarakat.  

“Perpustakaan yang semakin banyak dikunjungi oleh masyarakat merupakan salah satu indikasi minat baca semakin meningkat, dan itu yang diharapkan terjadi di perpustakaan-perpustakaan yang ada di kabupaten/kota se-Kalsel,” jelasnya.  

Adapun pejabat dan staf dari Perpusnas RI yang hadir pada kegiatan tersebut yakni Kepala Pusat Pembinaan Pustakawan Perpusnas RI, Opong Sumiati, dan panitia pelaksana sertifikasi kompetensi pustakawan, Hendra Setiawan. 

“Sertifikasi ini juga melibatkan Tim Asesor Perpusnas RI sebanyak 12 orang dan satu orang asesor dari Kalsel,” pungkasnya.