starbanjar.com
537e14c8-2efb-4d65-82ed-762d8bcdf7a6.jpeg

DPR RI sepakati HM Rifqinizamy Karsayuda jadi Ketua Komisi II

Redaksi Starbanjar
22.10.2024

STARBANJAR - HM Rifqinizamy Karsayuda anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Fraksi Partai Nasional Demokrat daerah pemilihan Kalimantan Selatan 1 dipercaya menjadi ketua komisi II DPR RI.

Terpilihnya HM Rifqinizamy Karsayuda berdasarkan keutusan rapat Paripurna DPR RI yang dihelat Selasa 22 Oktober 2024 di Senayan.

Dalam rapat paripurna DPR RI juga disetujui komposisi pimpinan komisi yang terdiri dari 20 ketua dan 80 wakil ketua untuk setiap komisi atau Alat Kelengkapan Dewan (AKD), yang terdiri dari 13 komisi dan 7 badan.

Adapun Komisi II DPR RI membidangi pemerintahan dalam negeri, pertanahan, dan pemberdayaan aparatur. 

Dengan mitra kerja Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

Kemudian Komisi Pemilihan Umum (KPU), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Ombudsman Republik Indonesia (ORI), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Lembaga Administrasi Negara (LAN RI), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Sekadar diketahui, Muhammad Rifqinizamy Karsayuda merupakan anggota DPR RI terpilih Dapil Kalsel I.

Ia memperoleh 168.592 suara, dan mencatatkan sejarah sebagai kader NasDem pertama meraih kursi anggota DPR RI di Dapil Kalsel I.