starbanjar.com
IMG-20220926-WA0008.jpg
Puluhan peserta Festival Literasi Banjarbaru 2022 (Istimewa)

Festival Literasi Banjarbaru 2022 Resmi Digelar, Darpusda Banjarbaru Hadirkan 2 Pembicara

Redaksi Starbanjar
26.9.2022

Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru menggelar Festival Literasi Banjarbaru 2022 dalam rangka acara Lokakarya Kepenulisan menghadirkan akademisi Universitas Lambung Mangkurat Prof. Ersis Warmansyah Abbas dan Nurul Asmayani sebagai narasumber workshop di Aula Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, pada Kamis (22/9/2022).

Festival ini adalah kali kedua yang diselenggarakan oleh kota berjuluk idaman tersebut lewat Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Banjarbaru. Rangkaian ini akan digelar selama 2 bulan, yakni September hingga Oktober mendatang.

"Saat ini indeks riil atas keterbacaan masyarakat di Banjarbaru tidak bisa diprediksi dengan angka, sementara akselerasi digital di segala lini kehidupan membuat sebagian kalangan masyarakat menjadi gagap," ucap Duta Baca Banjarbaru, Hudan Nur dalam keterangannya.

Kata Hudan, banyak kalangan yang tidak mampu menyaring informasi digital karena kemampuan literasi masyarakat yang kurang.

Olehnya, menurutnya sebagai Kota Pendidikan yang menitikberatkan pada perubahan kemajuan dan kesejahteraan kota berbasis agama seperti jargon Banjarbaru Juara (Maju, Agamis, dan Sejahtera). 

Kiranya, menurut Hudan, penting kehadiran sebuah festival literasi untuk masyarakat Banjarbaru, lintas sektor, bidang, kalangan, dan latarnya.

"Workshop Menulis untuk umum ini adalah penanda bahwa Festival Literasi Banjarbaru 2022 resmi dimulai," Papar Rosida Ridha, Kabid Promosi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan dalam sambutannya.

Peserta workshop dibatasi hanya 159 orang saja, mereka berasal dari berbagai latar belakang, dan lintas aktivitas. "Tak hanya guru dan murid, ibu rumah tangga, arsiparis, penjual penganan yang punya minat menulis. Mereka ikut serta dalam workshop yang digelar selama 4 jam tersebut," kata dia.

Rosida mengharapkan agar peserta workshop hari ini dapat mengikuti lomba menulis kisah inspiratif. Sehingga, menurutnya ada output yang diberikan kepada peserta.

"Diharapkan para peserta yang hadir pada hari ini, bisa mengikuti lomba menulis kisah inspiratif yang ditutup pada 30/9/2022 mendatang," ungkap Rosida. 

Konten kegiatan festival tahun ini akan melibatkan banyak partisipan, mengingat situasi saat ini memberikan kelonggaran untuk kegiatan aktif yang melibatkan pertemuan luring banyak orang.

Selain lokakarya dan lomba menulis, direncanakan ada agenda 5 diskusi buku, workshop menulis untuk pelajar, pawai literasi, pameran arsip, flash mob, roadshow duta baca nasional ke beberapa lokus acara, dan lain-lain.