starbanjar.com
Tani
Tani

Gabungan Petani-Mahasiswa Berbagi Satu Ton Semangka dan Ratusan Sayur ke Warga Banjarbaru

Ari Arung Purnama
28.9.2020

STARBANJAR- Serikat Petani Indonesia (SPI) Kalimantan Selatan berkolaborasi bersama Gerakan Mahasiswa (GEMA) Petani Indonesia membagikan hasil panen secara gratis kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di Banjarbaru, Minggu (27/9/2020). Tempat aksi berbagi ini dipusatkan di area Perkantoran Pemprov Kalsel.

Masih dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional 2020 24 September, mereka membagikan sebanyak 1 ton semangka serta 150 bungkus sayur terong dan cabai. Dibagikan kepada setiap pengendara yang melintas

“Hari ini kita berbagi pangan gratis untuk masyarakat terdampak Covid-19, yang kita bagikan ini adalah hasil pangan petani lokal asal Nagara. Berupa 1 ton semangka dan 150 bungkus sayur terong dan lombok,” kata perwakilan SPI Kalsel Dwi Putra Kurniawan kepada Starbanjar, pada Minggu (27/9/2020) pagi.

Lewat momen ini, Dwi pun berharap adanya perhatian serius terhadap petani Kalimantan Selatan. Melalui cara aksi bersama maupun membeli produk hasil petani.

“Harapan ke depan, kita ingin pemerintah daerah, anggota DPD maupun pimpinan TNI/Polri, mau melakukan aksi bersama dan membeli produk hasil petani Kalimantan Selatan,” ujar Dwi.

Adapun, perwakilan GEMA Petani Kalsel, Muhammad Riki, menginginkan keterlibatan mahasiswa dalam membantu dan mendorong kesejahteraan petani Kalimantan Selatan. Peran petani, kata dia, berjasa terhadap keberlangsungan hidup seseorang.

“Gerakan ini tidak lain adalah bagaimana produk-produk petani kita dapat berbagi kepada masyarakat. Apalagi, setiap hari kita makan dari hasil produk petani. Maka, adanya hasil produk petani dapat membangun bangsa kita,” katanya.

Riki pun mengharapkan agar mahasiswa lebih melek terhadap perannya untuk masyarakat.

“Semoga media ini dapat menyalurkan informasi yang kiranya mahasiswa dapat berperan dalam membantu dan membicarakan soal kesejahteraan petani,” pungkasnya.