starbanjar.com
IMG-20230731-WA0013.jpg

Gandeng Mahasiswa, Akademisi FISIP ULM Gelar Pembekalan Desain Bagi Pelaku Usaha

Ahmad Husaini
29.7.2023

STARBANJAR - Program Studi Administrasi Bisnis FISIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar pelatihan desain grafis untuk pelaku UMKM di Banjarmasin, pada Sabtu (29/7/2023). 

Para pesertanya adalah pelaku UMKM yang tergabung dalam Kelompok Usaha "Hayak Bamara". Pembekalan desain yang disampaikan oleh mahasiswa dan dosen ini digelar di Sekretariat Kerukunan Keluarga Bakumpai di Banjarmasin. 

Dosen Administrasi Bisnis FISIP ULM, Dr Taharuddin mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi. 

Pembekalan desain disampaikan kepada para pelaku usaha untuk mengasah kemampuan mereka agar materi promosi masing-masing pelaku UMKM semakin menarik. 

"Kami melihat mereka yang tergabung dalam kelompok usaha ini agak kesusahan dalam melakukan promosi melalui media sosial," kata Taharuddin. 

Aplikasi desain yang dicontohkan dalam pelatihan ini adalah Canva. Selain sederhana, aplikasi tersebut juga memiliki template desain yang bisa diakses secara gratis. 

Dalam pertemuan pertama, para peserta diberi pengantar terlebih dahulu soal manfaat dan fitur-fitur apa saja yang ada di Canva.

Selanjutnya, pada pertemuan kedua yang digelar pada 26 Agustus mendatang, para pelaku usaha bakal menyerahkan desain yang sudah mereka buat masing-masing.