starbanjar.com
Padam
Padam

Gardu Ulin Terendam Banjir, PLN Padamkan Listrik di Sejumlah Wilayah Banjarmasin

Redaksi Starbanjar
16.1.2021

STARBANJAR- Hujan deras yang melanda Kota Banjarmasin, pada Jum'at (15/1/2021), sampai bikin Gardu Induk Ulin Jalan Ahmad Yani Kilometer 4,5 ikut terendam banjir.

Praktis, pihak PLN terpaksa juga memadamkan listrik di sejumlah wilayah sementara waktu. Ini dilakukan untuk mempercepat upaya mitigasi yang dikhawatirkan menimbulkan kerusakan parah jika setrum terus menyala.

Dari keterangan resmi PLN Wilayah Kalsel-teng yang diperoleh Starbanjar, kawasan yang terdampak padam listrik ini antara lain Jalan Gatot Subroto, Mahat Kasan, Sungai Lulut, Kolonel Sugiono, Bina Brata, serta Benua Anyar.

Selain itu, ada pula kawasan Sungai Bilu, Kuripan, Aes Nasution, Manggis, dan sejumlah kawasan lainnya. Area bisnis dan fasilitas umum seperti Duta Mall Banjarmasin, HBI, Lotte Mart, RRI, Blue Atlantic Hotel, juga terdampak.

Dalam upaya mitigasi ini, PLN sendiri membuat bendungan di lokasi gardu induk. Selain itu, ada dua unit mobil BPK yang dilakukan menyedot air yang masuk ke lokasi.

General Manager PLN UIW Kalselteng, Sudirman, menyatakan sebelumnya bahwa pihak PLN memang mesti melakukan pemutusan aliran listrik sementara.

Jika ditotal, ada 879 gardu yang memang mesti dipadamkan demi mempermudah upaya mitigasi.

“Dari total 879 unit Gardu Distribusi yang terpaksa harus kami padamkan akibat banjir, 113 diantaranya sudah kami alirkan listrik kembali. Kami pastikan akan terus melakukan pemantauan debit air dan segera mengambil langkah cepat melakukan pernomalan suplai ke pelanggan,” ungkap Sudirman dalam keterangan resminya.