starbanjar.com
DPRD Kotim.jpeg

Godok Raperda Penyelenggaraan Kearsipan, DPRD Kotim Bertandang ke Dispersip Kalsel

Redaksi Starbanjar
07.10.2021

STARBANJAR - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan kedatangan tamu dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kamis (7/10/2021).

Kedatangan rombongan dari DPRD Kotim dalam rangka pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang penyelenggaraan kearsipan serta untuk mendapatkan masukan Raperda tentang Penyelenggaraan Kearsipan di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Mereka dibawa berkeliling melihat lingkungan Perpustakaan Palnam, mulai dari ruang perpustakaan anak, perpustakaan umum hingga taman baca, sambil berbincang dan berbagi pengalaman dalam pengelolaan perpustakaan. Mereka juga beramai-ramai bikin KTA perpustakaan. Mereka takjub mengetahui bikin KTA cuma dalam hitungan menit, bahkan detik.

Sementara Ketua DPRD Kab Kotim Rinie, mengatakan, salah satu tujuan kunjungan dilakukan guna menambah pengetahuan dan informasi seputar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penyelenggaraan Perpustakaan yang tengah dimatangkan pihaknya.

“Jadi kami melakukan studi komparatif dengan Dispersip Kalsel, karena kami tahu sudah memiliki Perda (penyelenggaraan perpustakaan). Sementara kami sedang membahas Raperda tersebut," ujar Rinie.

Setelah kunjungan kerja hari ini, DPRD Kotim akan mencoba mengadopsi penerapan penyelenggaraan perpustakaan di Kab Kotim, Setidaknya, hal tersebut akan memperkaya kajian pembahasan Raperda Penyelenggaraan Perpustakaan Kab Kotim kedepan.

“Kami sudah mendapatkan naskah akademik perda (perpustakaan), mudah-mudahan ini bisa menjadi salah satu referensi Raperda yang tengah kita susun dan ini akan jadi perda baru di kami,” tambahnya.

Rinnie memuji kinerja Dispersip Kalsel yang 4 tahun terakhir menjadi barometer peningkatan minat baca dan pembangunan literasi di daerah seluruh indonesia, oleh karenanya kami ingin mencontoh dan mengaplikasikan kiat-kiat yang sudah ditoreh oleh Kadispersip dan jajaran selama ini untuk diaplikasikan di Kab Kotim.

Sementara Sekdispersip Dr M. Ramadhan menyampaikan bahwa perpustakaan bisa berkembang harus didukung oleh SDM yang kompeten dan mempromosikan kegiatan-kegiatan melalui media online, cetak dan elektronik serta memperbaiki sarana dan prasarana dapat terlaksana secara bertahap dan konsisten untuk meningkatkan minat baca di Kalsel.

"Seiring dengan perpustakaan, begitu pula pengelolaan kearsipan berkembang pesat di masing-masing daerah dan SKPD di lingkup Pemprov Kalsel untuk menerapkan Program Srikandi yang menjadi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dengan melakukan pelatihan di Depo Arsip bagi LKD di Kab/Kota se Kalsel dan SKPD selama 2 Pekan terakhir," jelas Ramadhan.

Sementara itu, Kadispersip Kalsel Nurliani Dardie menyambut baik kedatangan rombongan dari DPRD Kab Kotim ke perpustakaan palnam. Nurliani memastikan pintu perpustakaan Palnam selalu terbuka menerima kunjungan silaturahmi dari siapa pun dan dari manapun. 

"Kami selalu membuka puntuk kepada tamu dari dalam daerah maupun luar daerah, untuk saling berbagi pengetahuan terkait perpustakaan dan kearsipan," imbuhnya.