starbanjar.com
Kampung Bermain Kahimungan.jpeg
Kampung Bermain Kahimungan

Ibnu Sina Resmikan Kampung Bermain Kahimungan

Redaksi Starbanjar
16.10.2021

STARBANJAR - Walikota Banjarmasin Ibnu Sina meresmikan Kampung Bermain Anak Kahimungan ke 12 yang berlokasi di Kelurahan Banua Anyar, Banjarmasin Timur, Sabtu (16/10/2021).

Ibnu menuturkan pembentukan Kampung Bermain di wilayah Bumi Kayuh Baimbai sangat penting, dan strategis untuk kepentingan pembangunan mental anak dan warga.

Alasanya sederhana, dengan adanya Kampung Bermain, pembinaan anak dan interaksi sosial antar warga tetap bisa terjalin.

 “Betapa strategis dan pentingnya Kampung Bermain ini untuk membina anak-anak kita, dan warga juga bisa berinteraksi walaupun dengan suasana pandemi, kita bisa saling berinteraksi dan anak-anak kita pun tidak bosan di rumah,” ujar Ibnu Sina.

Kampung bermain Kahimungan merupakan sarana publik ke 12 yang diresmikan Ibnu Sina. Pembentukannya dimotori Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin bekerja sama dengan warga. Di lokasi publik ini, selain dapat digunakan untuk berinteraksi, juga bisa digunakan sebagai sarana permainan.

Makanya, di lokasi tersebut juga disediakan berbagai bentuk permainan, terutama permainan tradisional.

Politisi Demokrat ini mengatakan dengan adanya permainan tradisional itu, selain sebagai media untuk berolahraga nanti juga dapat menjadi sarana saling mengakrabkan antar warga.

“Permainan-permainan tradisional ini adalah permainan-permainan kita bahari,  yang bisa mengakrabkan sekaligus juga melatih kesehatan, kebugaran fisik kita, termasuk juga interaksi sosial. Ada balogo, barang, tarik tambang bakiak, bagasing, sumpit dan lain, ulun kira ini bagian dari olahraga tradisional yang harus kita kembangkan,” kata Ibnu Sina.

 “Tadi ada ide untuk dipertandingkan antar kampung bermain. Karena sudah terbentuk 12 buah, berarti bisa saling berkompetisi, lomba antar kampung bermain. Mudah-mudahan Dispora bisa mendukungnya sehingga keberadaan kampung bermain ini bisa terus dibina Pemko Banjarmasin dan organisasi olahraga yang memayungi olahraga rekreasi,” imbuhnya.